Roby, Nur Afaldi (2025) RANCANG GAME EDUKASI RAMBUFUN BERBASIS ANDROID UNTUK KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE ADDIE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![RANCANG GAME EDUKASI RAMBUFUN BERBASIS ANDROID UNTUK KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE ADDIE [thumbnail of RANCANG GAME EDUKASI RAMBUFUN BERBASIS ANDROID UNTUK KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE ADDIE]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REPO ROBY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan peluang besar dalam pemanfaatan media interaktif untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu media yang efektif adalah game edukasi yang mampu menggabungkan unsur hiburan dan pembelajaran secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game edukasi bertema keselamatan jalan dengan nama RambuFun, guna meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SDN Sawah 4 Ciputat mengenai berbagai macam rambu lalu lintas. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Game ini dibangun dengan memanfaatkan Unity Engine sebagai platform utama, dengan konsep permainan berupa pengenalan rambu lalu lintas, simulasi interaktif, serta kuis sederhana yang sesuai dengan karakteristik anak sekolah dasar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game RambuFun dapat berjalan dengan baik dan mampu menarik minat siswa dalam mempelajari rambu lalu lintas melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Dengan demikian, game ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran tambahan yang inovatif bagi guru dan siswa di lingkungan sekolah dasar
Current in digital technology provide great opportunities for the use of interactive media to support the learning process. One effective medium is educational games, which combine entertainment and learning elements. This study aims to design and develop a road safety–themed educational game, named RambuFun, to improve the understanding of sixth-grade students at SDN Sawah 4 Ciputat regarding various traffic signs. The development method used is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This game was built using Unity Engine as the main platform, with a game concept consisting of traffic sign introduction, interactive simulations, and simple quizzes suitable for elementary school children. The test results showed that the RambuFun game ran well and was able to attract students’ interest in learning about traffic signs through a fun and interactive approach. Thus, this game is expected to be an innovative additional learning medium for teachers and students in elementary schools