PERANCANGAN INFOGRAFIS SEBAGAI SARANA EDUKASI CYBERBULLYING

Arya Putra, Muhammad (2025) PERANCANGAN INFOGRAFIS SEBAGAI SARANA EDUKASI CYBERBULLYING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN INFOGRAFIS SEBAGAI SARANA EDUKASI CYBERBULLYING] Text (PERANCANGAN INFOGRAFIS SEBAGAI SARANA EDUKASI CYBERBULLYING)
Laporan TA (Arya).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (867kB)

Abstract

The rapid development of digital technology has increased the use of social media, yet it has also given rise to new problems such as the growing phenomenon of cyberbullying. The lack of public awareness—especially among teenagers and university students—regarding the forms and impacts of cyberbullying has created the need for educational media that is both informative and easy to understand. This study aims to design an infographic as an educational medium to raise public awareness about the dangers of cyberbullying through a visually communicative approach.
The design process employed several methods, including literature review, visual observation, and questionnaire-based evaluation to measure design effectiveness. The final outcome is a digital infographic presented in an Instagram carousel format consisting of nine slides that discuss the definition, types, impacts, causes, preventive measures, and actions to take when experiencing cyberbullying.
Based on respondent feedback, the infographic design was considered informative, visually engaging, and easy to comprehend. Therefore, this work has the potential to serve as an effective visual communication medium that supports digital literacy and helps prevent cyberbullying among younger audiences.

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mendorong peningkatan penggunaan media sosial, namun di sisi lain juga menimbulkan permasalahan baru seperti maraknya kasus cyberbullying. Kurangnya pemahaman masyarakat, khususnya kalangan remaja dan mahasiswa, terhadap bentuk serta dampak dari cyberbullying menimbulkan kebutuhan akan media edukasi yang informatif dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media infografis sebagai sarana edukatif yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya cyberbullying melalui pendekatan visual yang komunikatif.
Metode yang digunakan dalam perancangan ini meliputi studi pustaka, observasi visual, dan penyebaran kuesioner sebagai evaluasi efektivitas desain. Hasil perancangan diwujudkan dalam bentuk infografis digital berformat carousel Instagram yang terdiri dari sembilan slide dengan pembahasan mengenai pengertian, jenis, dampak, faktor penyebab, langkah pencegahan, serta tindakan yang dapat dilakukan ketika menjadi korban cyberbullying.
Hasil uji responden menunjukkan bahwa rancangan infografis ini dinilai informatif, menarik, dan mudah dipahami. Dengan demikian, karya ini berpotensi menjadi media komunikasi visual yang efektif dalam mendukung literasi digital dan upaya pencegahan cyberbullying di kalangan generasi muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Fadly Shabir, S.Kom. M.T. sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Hilman Asyrafi, S.Si. M.Eng. sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Infografis, Media Edukatif, Desain Komunikasi Visual, Cyberbullying, Literasi Digital Keywords: Infographic, Educational Media, Visual Communication Design, Cyberbullying, Digital Literacy
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar
Depositing User: Muhammad Arya Putra
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:19
Last Modified: 20 Oct 2025 07:19
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item
View Item