Satrio Arif Wicaksono, Muhammad (2025) PERANCANGAN ILUSTRASI INFOGRAFIS SEBAGAI EDUKASI KEBERSIHAN LINGKUNGAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Laporan TA (Satrio).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (435kB)
Abstract
Environmental cleanliness in Indonesia remains a challenging issue due to persistent habits such as littering, open burning, and industrial waste pollution, which reflect the low awareness of environmental responsibility in daily life. The main problem addressed in this research is how to design an educational infographic illustration that can effectively, communicatively, and attractively convey messages about environmental cleanliness to the public. The design process was carried out through three main stages: pre-production, production, and post- production, using Adobe Illustrator and applying the twelve basic principles of graphic design as a reference for developing the visual composition. In addition, a design feasibility test was conducted through a questionnaire distributed to 20 respondents to evaluate readability, clarity of message, and visual appeal. The final design resulted in an educational infographic with the theme of duality between solution and pollution, which visually contrasts clean and polluted environments, and was rated effective by 85% of respondents in conveying the educational message. The conclusion of this study shows that using a persuasive educational approach in infographic illustrations can enhance public understanding and awareness of the importance of maintaining environmental cleanliness.
Masalah kebersihan lingkungan di Indonesia masih menjadi isu yang sulit diatasi karena kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah sembarangan, melakukan pembakaran liar, dan menghasilkan limbah pabrik yang mencemari lingkungan. Hal tersebut menunjukkan rendahnya kesadaran terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang ilustrasi infografis edukatif yang dapat menyampaikan pesan kebersihan lingkungan secara efektif, komunikatif, dan menarik bagi masyarakat. Metode perancangan dilakukan melalui tiga tahap utama, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi, dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator dan menerapkan dua belas prinsip dasar desain grafis sebagai acuan dalam pengembangan visual. Selain itu, dilakukan uji kelayakan desain melalui penyebaran kuesioner kepada 20 responden untuk menilai keterbacaan, kejelasan pesan, dan daya tarik visual. Hasil perancangan menghasilkan infografis bertema dualitas antara solusi dan polusi yang menampilkan perbandingan antara lingkungan bersih dan tercemar, serta dinilai efektif oleh 85% responden dalam menyampaikan pesan edukatif. Kesimpulan dari perancangan ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan persuasif edukatif dalam ilustrasi infografis mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 1. H. Suardi, S.Sos., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Alman, S.Si., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing II |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : ilustrasi infografis, edukatif, Adobe Illustrator, kebersihan lingkungan Keywords: infographic illustration, educational, Adobe Illustrator, environmental cleanliness |
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
| Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar |
| Depositing User: | Muhammad Satrio Arif Wicaksono |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:16 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 03:16 |
| URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3688 |
