Daffanti Magista, Mustika (2024) UJI PENERIMAAN PASAR PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL Diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Ahli Madya. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![UJI PENERIMAAN PASAR PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL Diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Ahli Madya [thumbnail of UJI PENERIMAAN PASAR PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL Diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Ahli Madya]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mustika Daffanti-1-11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (473kB)
Abstract
ABSTRAK
Crunchy Eel Burger is a new innovative product as an effort to utilize local
commodities in developing fast food products. This research aims to determine the
level of market acceptance of the Eel Patty Burger in carrying out marketing and
sales activities. The Crunchy Eel Burger product sets a price of IDR 20,000 for 1
portion of burger. This research was conducted using quantitative methods and
analyzed using descriptive methods. The questionnaire in the market acceptance
test uses a Likert scale, consumers who buy are respondents in the market
acceptance questionnaire assessment. Respondents are students of the culinary arts
study program aged 18 to 23 years, who have a preference for fast food. Sales were
made during 4 pre-orders or 20 days of sales, total income during sales was IDR
1,280,000. The indicators for a question come from the 9 elements of the Business
Model Canvas. The data was then analyzed using average calculations. In the
market acceptance test, the Crunchy Eel Burger showed that each indicator had an
affirmative assessment that the Crunchy Eel product could be accepted by the
market..
Keyword : Burger Patty Eel , Buisness Model Canvas , Market Accept.
Crunchy Eel Burger merupakan produk inovasi baru sebagai upaya pemanfaatan
komoditas lokal dalam pengembangan produk makanan cepat saji. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan pasar terhadap Burger Patty belut
dalam melakukan kegiatan pemasaran dan penjualan. Produk Crunchy Eel Burger
menetapkan harga sejumlah Rp.20.000 dalam 1 porsi burger. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan dianalisis dengan metode
deskriptif. Kuesioner dalam uji penerimaan pasar menggunakan skala likert,
konsumen yang membeli merupakan responden dalam penilaian kuesioner
penerimaan pasar. Responden merupakan mahasiswa/mahasiswi program studi seni
kuliner yang berusia 18 tahun sampai 23 tahun, yang memiliki kesukaan terhadap
makanan cepat saji. Penjualan dilakukan selama 4 kali Pre-order atau 20 hari
penjualan, total pendapatan selama penjualan yaitu Rp.1.280.000. Indikator sebuah
pertanyaan berasal dari 9 elemen Buisness Model Canvas. Data kemudian dianalisis
dengan menggunakan perhitungan rata-rata. dalam uji penerimaan pasar bahwa
Crunchy eel burger setiap indikator memiliki penilaian setuju apabila produk
crunchy eel dapat diterima oleh pasar.
Kata Kunci : Burger Patty Belut, Buisness Model Canvas, Penerimaan Pasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Fristi Bellia Annishia S.KM., M.Par., M.M sebagai dosen pembimbing 1 Mr. Akhmad Guntawan, S.S.,M.Pd sebagai dosen pembimbing 2 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 08:39 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 08:39 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/37 |