ADITYA WARDANI, MOCHAMAD RIVAN (2024) PEMBUATAN ILUSTRASI BUKU ANAK “PETUALANGAN JOJO DI KERAJAAN GIGI” DENGAN TEKNIK ILUSTRASI KREATIF. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN ILUSTRASI BUKU ANAK “PETUALANGAN JOJO DI KERAJAAN GIGI” DENGAN TEKNIK ILUSTRASI KREATIF [thumbnail of PEMBUATAN ILUSTRASI BUKU ANAK “PETUALANGAN JOJO DI KERAJAAN GIGI” DENGAN TEKNIK ILUSTRASI KREATIF]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA Rivan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (713kB)
Abstract
"Jojo's Adventure in the Tooth Kingdom" is written by the author who also serves
as the illustrator and layout designer. The lack of children's books with interactive
elements is a primary concern. Creating the book "Jojo's Adventure in the Tooth
Kingdom" aims to pioneer interactive children's books. The author applies Molly
Bang's theory (2018). The book consists of 32 pages with additional interactive
games. The process begins with understanding the script and Jojo's character,
followed by creating rough sketches. Creative techniques use bright colors and high
contrast to captivate children's attention. Visual details emphasize educational
elements like dental anatomy and oral hygiene. Once sketches are approved,
illustrations are digitized and revised based on feedback. Illustrations and text are
then integrated into a harmonious layout. The final outcome aims to support an
educational and enjoyable reading experience. This work underscores the
importance of collaboration among illustrators, writers, and editors. It emphasizes
the significance of innovation in children's literature by adding interactive games to
enhance engagement and education.
ABSTRAK
“Petualangan Jojo di Kerajaan Gigi” penulis berperan sebagai ilustrator dan
pengatur tata letak. Kurangnya buku anak dengan permainan interaktif menjadi
masalah utama. Pembuatan buku “Petualangan Jojo di Kerajaan Gigi” ingin
menjadi pelopor buku anak dengan permainan interaktif. Penulis menggunakan
teori Molly Bang (2018). Buku “Petualangan Jojo di Kerajaan Gigi” terdapat 32
halaman dengan tambahan permainan interaktif. Proses dimulai dengan memahami
naskah dan karakter Jojo, lalu membuat sketsa kasar. Teknik kreatif digunakan
dengan warna-warna cerah dan kontras tinggi untuk menarik perhatian anak-anak.
Detail visual menekankan elemen pendidikan seperti anatomi gigi dan kebersihan
mulut. Setelah sketsa disetujui, ilustrasi didigitalisasi dan direvisi berdasarkan
umpan balik. Ilustrasi dan teks kemudian diintegrasikan dengan tata letak yang
selaras. Hasil akhir diharapkan mendukung pengalaman membaca yang edukatif
dan menyenangkan. Karya ini menekankan pentingnya kolaborasi antara ilustrator,
penulis, dan editor. Menekankan pentingnya inovasi dalam literatur anak-anak
dengan menambahkan permainan interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan
edukasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sulistiyo Wibowo, S.Sn., M.Sn. ; 2. Ratih Widowati, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | Children's Book Illustration, Petualangan Jojo, Creative Techniques,Ilustrasi Buku Anak, Petualangan Jojo, Teknik Kreatif |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 07:16 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 07:16 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/371 |