PENERAPAN KONTRAS WARNA PADA PRODUK MINUMAN DI CAFE UNBOSS MEDAN DALAM FOOD PHOTOGRAPHY

Maylisa, Nadya (2025) PENERAPAN KONTRAS WARNA PADA PRODUK MINUMAN DI CAFE UNBOSS MEDAN DALAM FOOD PHOTOGRAPHY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENERAPAN KONTRAS WARNA PADA PRODUK MINUMAN DICAFE UNBOSS MEDAN DALAM FOOD PHOTOGRAPHY] Text (PENERAPAN KONTRAS WARNA PADA PRODUK MINUMAN DICAFE UNBOSS MEDAN DALAM FOOD PHOTOGRAPHY)
REPOSITORYY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (698kB)

Abstract

Currently, product visualization has become a crucial element in the culinary industry not only in terms of taste but also in aesthetic appearance, especially for promotional needs on social media. Food photography has become a strategic method to enhance the visual appeal of products, particularly beverages. This study discusses “The Application of Color Contrast in Beverage Products at Cafe Unboss Medan Through Food Photography.” The purpose of this research is to strengthen visual identity and increase consumer interest. The production process includes stages of pre-production, production, and post-production, utilizing photography techniques such as flat lay, eye level, high angle, and low angle. Adjustments in color elements, supporting properties, and lighting were made to create a visually harmonious and attractive composition. The results show that the precise use of color contrast can provide a strong aesthetic impression, capture audience attention, and enhance the effectiveness of Cafe Unboss's digital promotion.

Saat ini, visualisasi produk menjadi elemen penting dalam industri kuliner, tidak hanya dari segi cita rasa tetapi juga tampilan estetis, terutama untuk kebutuhan promosi di media sosial. Fotografi makanan (food photography) menjadi metode strategis yang mampu mendukung daya tarik visual produk, khususnya minuman. Penelitian ini membahas “Penerapan Kontras Warna Pada Produk Minuman Dicafe Unboss Medan Dalam Food Photography.” Penulis mengangkat penelitian ini dengan tujuan memperkuat identitas visual dan meningkatkan minat konsumen. Proses kerja terdiri dari tahapan pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi, menggunakan teknik pengambilan gambar seperti flat lay, eye level, high angle, dan low angle. Penyesuaian pada elemen warna, properti pendukung, serta pencahayaan dilakukan untuk menciptakan komposisi visual yang harmonis dan menarik. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan kontras warna secara tepat mampu memberikan kesan estetis yang kuat, menarik perhatian audiens, dan mendukung efektivitas promosi digital Cafe Unboss.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Syafriandi,S.Pd, M.Sn sebagai dosen pembimbing 1 2.Haryati Ahda Nasution, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Keywords: Photography, Food, Identity, Visual, Promotion. Kata Kunci: Fotografi, Makanan, Identitas, Visual, Promosi.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan
Depositing User: Nadya Maylisa Bella Malau
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:25
Last Modified: 10 Nov 2025 08:25
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item
View Item