PEMBUATAN LOGO SEBAGAI PENGEMBANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM MEMBANGUN CITRA MEDIA DIGITAL PADA BAKING TV ACADEMY

Avivah, Jihan (2025) PEMBUATAN LOGO SEBAGAI PENGEMBANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM MEMBANGUN CITRA MEDIA DIGITAL PADA BAKING TV ACADEMY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN LOGO SEBAGAI PENGEMBANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM MEMBANGUN CITRA MEDIA DIGITAL PADA BAKING TV ACADEMY] Text (PEMBUATAN LOGO SEBAGAI PENGEMBANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM MEMBANGUN CITRA MEDIA DIGITAL PADA BAKING TV ACADEMY)
TA_repositori jihan (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

This paper aims to design a logo as a visual identity, useful for building the digital image of Baking TV Academy. Based on observations and interviews, it was found that Baking TV Academy has a logo that is not relevant enough to represent the characteristics, vision, and mission of its business. In fact, visual identity is very important in increasing competitiveness in the digital era, therefore the author focuses on creating a suitable and professional logo for Baking TV Academy. The methods used include observation, interviews, and literature study. The design stages range from manual sketches to digitization using Adobe Illustrator Creative Cloud 2020 and Photoshop Creative Suite 6. The result of this project is a logo that reflects the characteristics of Baking TV Academy. The logo is applied to various print media such as keychains, pins, aprons, packaging, and is compiled in a Graphic Standard Manual (GSM) to maintain consistency in use. This research shows that strategic logo design can strengthen the image and increase the competitiveness of businesses in digital media.

Penulisan ini bertujuan untuk merancang logo sebagai identitas visual, berguna membangun citra digital usaha Baking TV Academy. Berdasarkan observasi dan wawancara, ditemukan bahwa Baking TV Academy memiliki logo kurang relevan untuk mewakili ciri khas, visi dan misi usahanya. Padahal, identitas visual sangat penting dalam meningkatkan daya saing di era digital, maka dari itu penulis berfokus membuat logo yang sesuai dan profesional untuk Baking TV Academy. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan studi pustaka. Tahapan desain mulai dari sketsa manual sampai digitalisasi menggunakan Adobe Illustrator Creative Cloud 2020 dan Photoshop Creative Suite 6. Hasil dari proyek ini adalah sebuah logo yang mencerminkan ciri khas dari Baking TV Academy. Logo tersebut diterapkan dalam berbagai media cetak seperti keychain, pin, apron, Packaging, dan disusun dalam Graphic Standard Manual (GSM) untuk menjaga konsistensi penggunaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan logo secara strategis dapat memperkuat citra dan meningkatkan daya saing usaha di media digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dewantoro Lase, S.Kom., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Yusnia Sinambela,ST.,MT sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Logo, Visual Identity, Graphic Design, Digital Media Logo, Identitas Visual, Desain Grafis, Media Digital
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 743 Gambar menurut subjek, menggambar menurut subjek
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 769 Seni percetakan
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan
Depositing User: Jihan Avivah
Date Deposited: 03 Nov 2025 06:55
Last Modified: 03 Nov 2025 06:55
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3769

Actions (login required)

View Item
View Item