Kevin Gratio Gurusinga, Kevin (2025) Pembuatan Desain Packaging Nasi Kotak Dalam Meningkatkan Daya Tarik Konsumen Pada Usaha Rumah Makan Sempa Arih. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
COVER TUGAS AKHIR KEVIN FINALY 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas perancangan desain packaging untuk Rumah Makan Sempa Arih, sebuah usaha kuliner khas Tanah Karo yang menghadapi permasalahan pada kemasan lama yang dinilai kurang menarik dan belum mencerminkan identitas merek. Tujuan utama penelitian ini adalah merancang kemasan baru yang tidak hanya berfungsi melindungi produk, tetapi juga mampu meningkatkan daya tarik konsumen serta memperkuat citra merek. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, hingga proses desain menggunakan Adobe Photoshop. Tahapan desain dimulai dari sketsa, digitalisasi, pemilihan tipografi, hingga penyusunan layout yang menggabungkan elemen budaya Karo seperti motif uis nipes, warna merah, dan font script untuk memberikan kesan tradisional dan hangat. Hasil akhir menunjukkan bahwa desain packaging baru lebih menarik, informatif, serta memiliki identitas visual yang kuat. Dengan demikian, packaging dapat menjadi media promosi efektif yang meningkatkan daya saing serta loyalitas konsumen Rumah Makan Sempa Arih.
This study discusses the design of packaging for Rumah Makan Sempa Arih, a
culinary business specializing in traditional Karo cuisine that previously faced
issues with unattractive packaging that did not reflect its brand identity. The main
objective of this research is to develop new packaging that not only protects the
product but also enhances consumer appeal and strengthens brand image. The
methods applied include observation, interviews, literature study, and the design
process using Adobe Photoshop. The design stages consist of sketching,
digitization, typography selection, and layout arrangement, integrating Karo
cultural elements such as the uis nipes pattern, red as the dominant color, and script
fonts to convey a warm and traditional impression. The final result shows that the
new packaging design is more attractive, informative, and presents a strong visual
identity. Therefore, packaging serves as an effective promotional tool to increase
competitiveness and build consumer loyalty for Rumah Makan Sempa Arih.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 1. Sofi Andriyanti, S.Pd, M.Sn. ; 2. Haryati Ahda Nasution, S.Pd, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Desain Grafis, Kemasan, Identitas Visual, Konsumen, Kuliner. |
| Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak |
| Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan |
| Depositing User: | Kevin Gratio Gurusinga |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 07:21 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 07:21 |
| URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3830 |
