PERAN PRODUSER DALAM STRATEGI PROMOTION MIX PADA PROGRAM LIVE YOUTUBE DRAMA MUSIKAL “KOSAN NUSANTARA”

Iskania, Anggita (2024) PERAN PRODUSER DALAM STRATEGI PROMOTION MIX PADA PROGRAM LIVE YOUTUBE DRAMA MUSIKAL “KOSAN NUSANTARA”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERAN PRODUSER DALAM STRATEGI PROMOTION MIX PADA PROGRAM LIVE YOUTUBE DRAMA MUSIKAL “KOSAN NUSANTARA”] Text (PERAN PRODUSER DALAM STRATEGI PROMOTION MIX PADA PROGRAM LIVE YOUTUBE DRAMA MUSIKAL “KOSAN NUSANTARA”)
LAPORAN TUGAS AKHIR (ANGGITA ISKANIA_21320024)-1-11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (454kB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memaparkan peran produser dalam mengembangkan
dan melaksanakan strategi pemasaran dan promosi untuk program live YouTube
drama musikal "Kosan Nusantara." Dalam era digital saat ini, platform YouTube
telah menjadi media yang sangat efektif untuk menyiarkan pertunjukan drama
musikal, memungkinkan jangkauan audiens yang lebih luas dan interaktif. Dalam
mengerjakan atau membuat sebuah program, peranan tim kerja sangatlah penting.
Salah satu dari tim kerja itu adalah Produser. Produser adalah orang yang bertugas
berkoordinasikan seluruh kegiatan atau proses produksi dari mulai pra produksi,
produksi, pasca produksi (Rusman Latief, 2020 : 118). Penulisan ini menggunakan
metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, kuisioner dan
studi pustaka untuk menggali lebih dalam bagaimana produser memanfaatkan
berbagai elemen promotion mix, seperti periklanan dan hubungan masyarakat
dalam konteks digital. Hasil penulisan menunjukkan bahwa produser memainkan
peran krusial dalam merancang strategi promosi yang efektif dengan memanfaatkan
kekuatan media sosial untuk meningkatkan visibilitas dan engagement, serta
mengkoordinasikan berbagai kegiatan promosi untuk menciptakan buzz dan
meningkatkan engangement program. Dalam pembuatan karya tugas akhir ini
produser juga berperan dalam menjalin kerjasama dengan pihak sponsor dan media
partner untuk meningkatkan publisitas. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya
peran produser dalam mengintegrasikan teknologi digital dan metode pemasaran
konvensional untuk mencapai tujuan promosi yang diinginkan.

This writing aims to explain the role of the producer in developing and
implementing marketing and promotional strategies for the live YouTube program
for the musical drama "Kosan Nusantara." In today's digital era, the YouTube
platform has become a very effective medium for broadcasting musical drama
performances, enabling a wider and more interactive audience reach. In working
on or creating a program, the role of the work team is very important. One of the
work teams is the Producer. A producer is a person whose job is to coordinate all
production activities or processes from pre-production, production, postproduction (Rusman Latief, 2020: 118). This writing uses a descriptive method with
data collection techniques through observation, questionnaires and literature study
to dig deeper into how producers utilize various elements of the promotion mix,
such as advertising and public relations in a digital context. The results of this
paper show that producers play a crucial role in designing effective promotional
strategies by utilizing the power of social media to increase visibility and
engagement, as well as coordinating various promotional activities to create buzz
and increase program engagement. In making this final work, the producer also
plays a role in establishing collaboration with sponsors and media partners to
increase publicity. These findings underscore the important role of producers in
integrating digital technology and conventional marketing methods to achieve
desired promotional goals.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dosen pembimbing 1 : Freddy Yakob, M.I.Kom. ; 2. Dosen pembimbing 2 : Reny Yulyati BR Lumban Toruan, S.Sn.,M.Sn.
Uncontrolled Keywords: produser, YouTube, drama musikal, Kosan Nusantara, promotion mix, producer, musical drama
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:00
Last Modified: 27 Feb 2025 07:55
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item
View Item