PERANCANGAN KEMASAN DAN LOGO SEBAGAI BRANDING PRODUK MIE INSTAN DENGAN PENAMBAHAN IKAN LELE RUMPUT LAUT (KARAGENAN)

VALENTINO FEBRIAN, JOHANES (2024) PERANCANGAN KEMASAN DAN LOGO SEBAGAI BRANDING PRODUK MIE INSTAN DENGAN PENAMBAHAN IKAN LELE RUMPUT LAUT (KARAGENAN). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KEMASAN DAN LOGO SEBAGAI BRANDING PRODUK MIE INSTAN DENGAN PENAMBAHAN IKAN LELE RUMPUT LAUT (KARAGENAN)] Text (PERANCANGAN KEMASAN DAN LOGO SEBAGAI BRANDING PRODUK MIE INSTAN DENGAN PENAMBAHAN IKAN LELE RUMPUT LAUT (KARAGENAN))
Johanes Valentino Febrian - Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Branding Produk Mie Instan dengan Penambahan Ikan Lele Rumput Laut (Karagenan) - 21710021-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (333kB)

Abstract

ABSTRACT
Branding activities are communication activities that aim to create product
character or identity and create and maintain product images in the eyes of
consumers. In opening a business, business owners often ignore labeling and
packaging issues for the products they make. Basically, they only focus on
providing advertisements, brochures and online marketing without realizing that
many consumers are attracted by good packaging. In fact, product packaging is
one of the important parts of a marketing strategy. The research method used in
this study is a qualitative method. This method is used to provide an in-depth
understanding of consumer tastes for packaging design in catfish instant noodle
products. The object of this research is instant noodle food products packaged with
non-ziplock packaging marketed through an open pre order system. The packaging
design for instant catfish noodles uses graphic elements namely instant noodles,
catfish, and abstract. In addition, there are also typographic variations to support
the packaging to look attractive and the use of information labels made by the
author in the form of how to serve to clarify consumers how to consume catfish
instant noodle products. In addition, there is also a composition to clarify the
ingredients used from catfish instant noodle products.
Key Words : Packaging, Logo, Branding, Catfish Instant Noodle, Carrageenan
ABSTRAK
Kegiatan branding adalah kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk
menciptakan karakter atau identitas produk serta menciptakan dan
mempertahankan citra produk di mata konsumen. Dalam membuka usaha, pemiliki
usaha sering mengabaikan permasalahan pelabelan dan pengemasan untuk produk
yang mereka buat. Pada dasarnya, mereka hanya fokus pada pemberian iklan,
brosur dan pemasaran secara online tanpa menyadari bahwa banyak konsumen
yang tertarik dengan kemasan yang baik. Faktanya, pengemasan produk merupakan
salah satu bagian penting dari strategi pemasaran. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini digunakan
untuk memberikan pemahaman secara mendalam tentang selera konsumen
terhadap desain kemasan pada produk mie instan ikan lele. Objek penelitian ini
adalah produk makanan mie instan yang dikemas dengan kemasan non ziplock yang
dipasarkan melalui sistem open pre order. Desain kemasan untuk mie instan ikan
lele menggunakan elemen grafis yaitu mie instan, ikan lele, dan abstrak. Selain itu
juga terdapat variasi tipografi untuk mendukung kemasan terlihat menarik serta
penggunaan label informasi yang dibuat oleh penulis yaitu berupa cara penyajian
untuk memperjelas konsumen bagaimana cara mengkonsumsi produk mie instan
ikan lele. Selain itu juga terdapat komposisi untuk memperjelas bahan yang
digunakan dari produk mie instan ikan lele.
Kata Kunci : Kemasan, Logo, Branding, Mie Instan Ikan Lele, Karagenan

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Ibu Anindita Budi Astuti, S.E, M.M., selaku Dosen Pembimbing I Bapak Dimas Bayu Pinandoyo, S.Si., M.Sc., selaku Dosen Pembimbing II
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:14
Last Modified: 24 Feb 2025 08:14
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item
View Item