PENULISAN NASKAH BUKU FABEL ANAK INTERAKTIF “RURU, NANA, DAN CERA: KISAH-KISAH PERSAHABATAN”

ARIANI, DYAH RETNO (2024) PENULISAN NASKAH BUKU FABEL ANAK INTERAKTIF “RURU, NANA, DAN CERA: KISAH-KISAH PERSAHABATAN”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENULISAN NASKAH BUKU FABEL ANAK INTERAKTIF  “RURU, NANA, DAN CERA: KISAH-KISAH  PERSAHABATAN”] Text (PENULISAN NASKAH BUKU FABEL ANAK INTERAKTIF “RURU, NANA, DAN CERA: KISAH-KISAH PERSAHABATAN”)
Laporan Tugas Akhir-Dyah Retno Ariani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (996kB)

Abstract

“Ruru, Nana, dan Cera: Kisah-Kisah Persahabatan” is an interactive children's
fable book for children 10-12 years old with themes of courage, confidence,
cooperation and friendship. The writer acts as an author in the making of the Final
Project work. The purpose of this writing is to explain the process of writing an
interactive children's fable book script “Ruru, Nana, dan Cera: Kisah-Kisah
Persahabatan”. The author explains the processes of writing the script through three
stages of writing, namely, prewriting, drafting, and revising. In the pre-writing
stage, the author develops ideas, collects materials, decides on a title, determines
characters, and makes a storyboard. Then in the draft writing stage, the writer
starts writing, brings the characters to life, inserts dialogue, develops the plot, ends
the story, and makes a synopsis. In the last stage, the writer makes revisions to
ensure the quality of the script. The writing of this final project was carried out
using descriptive methods with literature study techniques. As a result of this
writing process, the author and team produced an interactive children's fable book
“Ruru, Nana, dan Cera.”

“Ruru, Nana, dan Cera: Kisah-Kisah Persahabatan” adalah buku fabel anak
interaktif untuk anak 10-12 tahun yang mengangkat tema tentang keberanian,
percaya diri, kerja sama dan persahabatan. Penulis berperan sebagai pengarang
dalam pembuatan karya Tugas Akhir. Tujuan penulisan ini untuk menjelaskan
proses penulisan naskah buku fabel anak interaktif “Ruru, Nana, dan Cera: Kisah�Kisah Persahabatan”. Penulis menjelaskan proses-proses penulisan naskah melalui
tiga tahapan penulisan yaitu, pratulis, membuat draf, dan merevisi. Pada tahapan
pratulis, penulis melakukan pengembangan gagasan, mengumpulkan bahan,
menetapkan judul, menentukan tokoh, dam membuat papan cerita (storyboard).
Selanjutnya pada tahapan menulis draft, penulis memulai penulisan, menghidupkan
tokoh, menyisipkan dialog, mengembangkan alur, mengakhiri cerita, dan membuat
sinopsis. Pada tahapan terakhir, penulis melakukan revisi untuk memastikan
kualitas naskah. Penulisan tugas akhir ini dilakukan menggunakan metode
deskriptif dengan teknik studi pustaka. Sebagai hasil dari proses penulisan ini,
penulis dan tim menghasilkan sebuah buku fabel anak interaktif “Ruru, Nana, dan
Cera: Kisah-Kisah Persahabatan.”

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Handika Dany R, S.Si., M.Si. ; 2. Nurul Akmalia, M.Med.Kom.
Uncontrolled Keywords: writing, fables, interactive, children's book,penulisan, fabel, interaktif, buku anak
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:38
Last Modified: 03 Mar 2025 07:38
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item
View Item