Alghafiqi, Machri (2024) PERAN PENATA KAMERA DALAM MENENTUKAN VISUAL PADA PRODUKSI PROGRAM TELEVISI FEATURE “UNSEEN STORY OF FIREFIGHTER”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERAN PENATA KAMERA DALAM MENENTUKAN VISUAL PADA PRODUKSI PROGRAM TELEVISI FEATURE “UNSEEN STORY OF FIREFIGHTER” [thumbnail of PERAN PENATA KAMERA DALAM MENENTUKAN VISUAL PADA PRODUKSI PROGRAM TELEVISI FEATURE “UNSEEN STORY OF FIREFIGHTER”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Proposal Tugas Akhir Machri Alghafiqi (21320077)-1-12.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (988kB)
Abstract
Penata kamera adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam proses
perekaman atau pengambilan gambar dalam pembuatan sebuah program acara.
Penata kamera memiliki peranan penting pada tahap pra produksi, produksi dan
pasca produksi. Yang menjadi masalah dalam laporan tugas akhir ini adalah
bagaimana peran penata kamera dalam membuat shotlist, mengatasi permasalahan
teknis, mentransfer materi, dan mendampingi editor pada tahap praproduksi,
produksi, hingga pasca produksi. Dalam mengatasi masalah pada pembuatan
program feature ini penulis selaku penata kamera menggunakan teori mengenai
komposisi, angle, ukuran gambar, gerak kamera dan 3 poin pencahayaan untuk
menjadi landasan dalam pengerjaan dalam tahapan pra produksi, produksi, hingga
pasca produksi. Pada pembuatan program Feature “Unseen Story Of Firefighter”
ini, penulis bersama tim melakukan riset untuk mengumpulkan data dengan
beberapa metode yaitu metode studi pustaka, observasi, dan wawancara. Dari
pembahasan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa seorang penata kamera memiliki
peran yang sangat penting pada tahap praproduksi, produksi dan pascaproduksi
sebuah program untuk menciptakan visual yang menarik dan informasi
tersampaikan dengan jelas kepada masyarakat.
rector Of Photography is someone who is responsible for the recording or
shooting process in the making of an event program. The Director Of
Photography has an important role in the pre-production, production and postproduction stages. The problem in this final project report is how the role of the
Director Of Photography in making shotlists, overcoming technical problems,
transferring material, and assisting the editor at the pre-production, production,
and post-production stages. In overcoming the problems in making this feature
program, the writer as a Director Of Photography uses theories about
composition, angle, image size, camera movement and 3 lighting points to become
the basis for work in the pre-production, production, and post-production stages.
In making this Feature program “Unseen Story Of Firefighter”, the author and
the team conducted research to collect data with several methods, namely
literature study, observation, and interview methods. From this discussion, it can
be concluded that a Director Of Photography has a very important role in the
pre-production, production and post-production stages of a program to create
interesting visuals and information conveyed clearly to the public.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Erlan Saefuddin, S.S., M.Hum. ; 2. Immanuel Ronald David Mongkau, S.E., M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Penata Kamera, Feature, Director Of Photography |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 03:41 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 07:42 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/414 |