PENYUSUNAN BRANDING KEMASAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PRODUK KULINER MIE PEDAS GANYONG

Yulia, Giva (2024) PENYUSUNAN BRANDING KEMASAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PRODUK KULINER MIE PEDAS GANYONG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENYUSUNAN BRANDING KEMASAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PRODUK KULINER MIE PEDAS GANYONG] Text (PENYUSUNAN BRANDING KEMASAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PRODUK KULINER MIE PEDAS GANYONG)
Giva Yulia TUGAS AKHIR 2024 (1)[1] (1) (2)-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB)

Abstract

ABSTRACT
This research aims to design effective branding packaging in introducing
Spicy Ganyong Noodle culinary products. In the midst of intense competition
in the culinary industry. This research uses a design methodology consisting
of needs analysis, concept creation, and implementation of packaging design
and consumer preferences through a questionnaire of 86 respondents. The
results showed that consumers want packaging that is not only visually
appealing, but also functional and informative. The packaging design
includes visual elements such as logos, illustrations, typography, and colors
that represent the identity and product features of spicy ganyong noodles. The
conclusion of this research shows that effective packaging branding can
increase the competitiveness of local culinary products in the market. It is
expected that with this packaging design, ganyong spicy noodles will be better
known by the public and able to compete with other culinary products. This
research also contributes to the development of the theory and practice of
packaging design and branding of culinary products.
Keywords : Packaging Design, Spicy Ganyong Noodles, Culinary Products
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan merancang kemasan branding yang efektif
dalam memperkenalkan produk kuliner mie ganyong pedas. Di tengah
persaingan yang ketat dalam industri kuliner. Penelitian ini menggunakan
metodologi desain yang terdiri dari analisis kebutuhan, pembuatan konsep,
dan implementasi desain kemasan dan preferensi konsumen melalui
kuesioner 86 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen
menginginkan kemasan yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga
fungsional dan informatif. Desain kemasan mencakup elemen visual seperti
logo, ilustrasi, tipografi, dan warna yang merepresentasikan identitas dan fitur
produk mie pedas ganyong Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan
bahwa branding kemasan yang efektif dapat meningkatkan daya saing produk
kuliner lokal di pasaran. Diharapkan dengan adanya desain kemasan ini, mie
pedas ganyong akan lebih dikenal oleh masyarakat dan mampu bersaing
dengan produk kuliner lainnya. Penelitian ini juga memberikan kontribusi
bagi pengembangan teori dan praktik desain kemasan dan branding produk
kuliner.
Kata Kunci: Merancang Kemasan, Mie Pedas Ganyong, Produk Kuliner

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Elviana, S.T.P., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing I; Rr. Christiana Mayang Anggraeni Stj, S.Pd., M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing II;
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:21
Last Modified: 27 Feb 2025 03:21
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item
View Item