PENULISAN NASKAH FABEL “JERAPAH YANG ANGKUH”

NABILA, ZITA AZKA (2024) PENULISAN NASKAH FABEL “JERAPAH YANG ANGKUH”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENULISAN NASKAH FABEL “JERAPAH YANG ANGKUH”] Text (PENULISAN NASKAH FABEL “JERAPAH YANG ANGKUH”)
Zita Azka Nabila_Laporan Tugas Akhir.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (873kB)

Abstract

The fable book manuscript "The Arrogant Giraffe" is a fable short story
manuscript with the theme of moral education for non-arrogant behavior. In
making this final assignment the author assumes the role of author of the work. So
in writing this final assignment, the author raised the problem of how to write the
script for the fable "The Arrogant Giraffe". The writing of this manuscript refers to
Diran (2023) which uses five writing stages, namely, preparation stage, incubation
stage, inspiration stage, writing stage, and revision stage. With these five stages,
the writer can develop the script to be better and easier for children to understand.
The data collection techniques that the author used in compiling this report were
library/literature studies and interviews. In the final result, the author produced a
final assignment which was realized in writing the script for the children's book
"The Arrogant Giraffe" by adding elements of interest in reading and interactive
media so that children can be more interested in reading. In this way, it is hoped
that society will be more aware of teaching children to like reading books, because
books are a window to the world, with books children can become smarter and train
their imagination from a young age.

Naskah buku fabel “Jerapah yang Angkuh” merupakan naskah cerpen fabel
yang bertemakan pendidikan moral berperilaku tidak sombong. Dalam pembuatan
tugas akhir ini penulis berberan sebagai pengarang karya. Sehingga dalam
penulisan laporan ini penulis mengangkat masalah bagimana cara menuliskan
naskah fabel “Jerapah yang Angkuh”. Penulisan naskah ini merujuk pada Diran
(2023) yang menggunakan lima tahap penulisan yakni, tahap persiapan, tahap
inkubasi, tahap inspirasi, tahap penulisan, dan tahap revisi. Dengan lima tahap
tersebut, penulis dapat mengembangkan naskah menjadi lebih baik dan mudah
dimengerti oleh anak. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam
menyusun laporan ini adalah studi pustaka/literatur dan wawancara. Pada hasil
akhir, penulis menghasilkan karya tugas akhir yang diwujudkan dalam penulisan
naskah buku anak “Jerapah yang Angkuh” dengan menambahkan unsur minat baca
dan media interaktif agar anak dapat lebih tertarik dalam membaca. Dengan
demikian, masyarakat diharapkan agar lebih sadar dalam mengajarkan anak untuk
suka membaca buku, karena buku adalah jendela dunia, dengan buku anak bisa
menjadi lebih cerdas dan melatih imajinasi mereka sedari kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nova Darmanto, S. Sos, M.Si. ; 2. Ingrid Veronica Kusumawardani, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Writing, Fables, Interactive Media, Penulisan, Fabel, Media Interaktif.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 04 Mar 2025 04:22
Last Modified: 04 Mar 2025 04:22
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item
View Item