PERANCANGAN DESAIN VISUAL LOGO DAN KEMASAN PERMEN JELLY ROLL CEMPEDAK SEBAGAI BRAND IDENTITY

DZIL ARSY, INDA (2024) PERANCANGAN DESAIN VISUAL LOGO DAN KEMASAN PERMEN JELLY ROLL CEMPEDAK SEBAGAI BRAND IDENTITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN VISUAL LOGO DAN KEMASAN PERMEN JELLY ROLL CEMPEDAK SEBAGAI BRAND IDENTITY] Text (PERANCANGAN DESAIN VISUAL LOGO DAN KEMASAN PERMEN JELLY ROLL CEMPEDAK SEBAGAI BRAND IDENTITY)
Laporan Tugas Akhir_Inda Dzil Arsy_Alhamdulillah ACC (FIX)-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (831kB)

Abstract

The lack of popularity of processed products from cempedak fruit led to an
experiment by utilizing cempedak fruit as a flavor and coloring in jelly roll candy.
When developing an innovative product, it is important to have a distinctive
characteristic, one way is by creating a visual design of the logo and packaging.
Realizing that this innovative product had no brand identity, a mixed-method
research was conducted to analyze and describe the process of making cempedak
jelly roll candy product design. The assessment indicators are in the form of Likert
scale average calculation results based on logo, mascot, packaging and brand
identity design criteria for jelly roll cempedak candy products using expert
judgment and customer surveys to determine expert perceptions and customer
acceptance levels. Through 3 phases, starting with the design, digitizing the design
and collecting data on the results of the assessment by experts and customers. The
final results of the expert judgment and customer survey on the brand identity for
cempedak jelly roll candy products showed that the packaging design was very
appropriate and successfully represented the identity of cemyroll products with
several evaluations, especially in making designs better to first analyze the
strengths, weaknesses, opportunities, and threats in developing a strategic plan for
a new brand or business using SWOT analysis, so as to simplify the application of
the design to be applied and deepen editing skills and knowledge about the
implementation of making packaging for food products.
Keywords: Jelly Roll Candy, Cempedak, Visual Design, Brand Identity
Minimnya popularitas produk olahan dari buah cempedak maka dilakukan
eksperimen dengan memanfaatkan buah cempedak sebagai perisa dan pewarna
dalam olahan permen jelly roll. Saat mengembangkan produk inovasi, penting
untuk mempunyai ciri khas, salah satu caranya dengan membuat desain visual logo
dan kemasan. Menyadari bahwa produk inovasi ini belum memiliki identitas merek,
maka dilakukan penelitian menggunakan metode campuran untuk menganalisis dan
mendeskripsikan proses pembuatan desain produk permen jelly roll cempedak.
Indikator penilaiannya berupa hasil perhitungan rata-rata skala likert berdasarkan
kriteria desain logo, maskot, kemasan dan brand identity produk permen jelly roll
cempedak menggunakan expert judgement dan survei pelanggan untuk mengetahui
persepsi ahli dan tingkat penerimaan pelanggan. Dengan melalui 3 tahap yaitu
perancangan desain, visualisasi desain dan pengumpulan data hasil penilaian oleh
ahli dan pelanggan. Hasil keseluruhan dari penilaian ahli dan survei pelanggan
terhadap brand identity produk permen jelly roll cempedak menyatakan desain
kemasan tersebut sudah sangat sesuai dan berhasil merepresentasikan identitas dari
produk cemyroll dengan beberapa evaluasi yaitu dalam pembuatan desain lebih
baik menganalisa terlebih dahulu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman
dalam mengembangkan rencana strategis brand atau bisnis baru dengan
menggunakan analisis SWOT, sehingga memudahkan dalam pengaplikasian desain
yang ingin diterapkan dan mendalami skill editing serta pengetahuan tentang
implementasi pembuatan kemasan untuk produk makanan.
Kata Kunci: Permen Jelly Roll, Cempedak, Desain Visual, Identitas Merek

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Lu`luwatin Rosdiana Aprilia, S.Pd, M.M.Par, M.Par selaku Dosen Pembimbing I Sartika Ekadyasa, S.Kom, M.I.Kom selaku Dosen Pembimbing II.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:31
Last Modified: 12 Feb 2025 02:31
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item
View Item