PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI

ILYAS ZAYMURI MUHAMMAD, MUHAMMAD (2024) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI] Text (PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI)
TA2024_D_17_MUHAMMAD ILYAS ZAYMURI-1-14.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Quran is a guide to all muslims around the world. The verses in the AlQuran are written in Arabic, using the hijaiyah. Therefore, muslims in Indonesia
today who speak Indonesian must learn the hijaiyah in order to understand the
meaning of the verses in the Al-Quran. In Indonesia, studying hijaiyah usually
begins at the toddler age, either through parents or places such as TPA/TKA, using
the book Iqra. As at TPA/TKA As Salam, located in Srengseng Sawah, South
Jakarta. Research methods used include observation on greetings and interviews
with local teachers. The use of Iqra is considered too monotonous for toddlers, so
it is difficult for them to maintain their focus and interest in knowing the hijaiyah
letters. Therefore, the author attempted to create an interactive illustrated book as
a medium for introducing hijaiyah letters, designed with various methods such as
pop-up, velcro, wipe clean, spin, and lift the flap. The goal is to capture the attention
of toddlers. This book is expected to make the process of learning Hijaiyah letters
more enjoyable and easier to understand for toddlers.
Al-Quran merupakan pedoman bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia.
Ayat-ayat dalam Al-Quran tertulis dalam bahasa Arab, dengan menggunakan huruf
hijaiyah. Oleh karena itu, umat muslim di Indonesia yang sehari-hari menggunakan
bahasa Indonesia, harus mempelajari huruf hijaiyah agar dapat memahami makna
dari ayat-ayat didalam Al-Quran. Di Indonesia, mempelajari huruf hijaiyah
biasanya dimulai sejak dini, baik dengan orang tua atau melalui instansi seperti
TPA/TKA, dengan menggunakan media buku Iqra. Seperti pada TPA/TKA As
Salam yang berlokasi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang
digunakan berupa observasi di TPA/TKA As Salam dan wawancara dengan tenaga
pengajar setempat. Penggunaan media Iqra dinilai terlalu monoton untuk anak usia
dini, sehingga sulit bagi mereka untuk mempertahankan fokus dan minat mereka
dalam mengenal huruf hijaiyah. Maka dari itu, penulis mencoba merancang media
pengenalan huruf hijaiyah berupa buku ilustrasi interaktif yang dirancang dengan
beberapa metode, seperti pop-up, velcro, wipe clean, spin, dan lift the flap, yang
bertujuan untuk menarik perhatian anak usia dini. Buku ini diharapkan dapat
membantu proses belajar huruf hijaiyah menjadi lebih menyenangkan serta mudah
dipahami untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yayah Nurasiah, M.Pd., Citra Lamda Eka Nu
Uncontrolled Keywords: Keyword: Hijaiyah letters, illustrated book, toddlers. Kata kunci: huruf hijaiyah, buku ilustrasi, anak usia dini.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:57
Last Modified: 07 Mar 2025 03:57
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item
View Item