Rahmi, Novia (2024) PENULISAN NASKAH BUKU ANAK "KANCIL dan SEMUT”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENULISAN NASKAH BUKU ANAK ‘’KANCIL dan SEMUT” [thumbnail of PENULISAN NASKAH BUKU ANAK ‘’KANCIL dan SEMUT”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Novia Rahmi-Laporan TA-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (169kB)
Abstract
Dalam penulisan karya tugas akhir buku cerita anak ‘’Kancil dan Semut’’ adalah
buku cerita anak fabel yang bertemakan pendidikan karakter, dimana anak-anak
bisa mempelajari nilai-nilai positif seperti saling tolong menolong, saling
menghargai, dan kerja keras yang berada dalam buku cerita anak. Pada pembuatan
karya tugas akhir penulis sebagai pengarang cerita dan menentukan topik atau ide.
Untuk penulisannya, penulis menggunakan tahapan penulisan teori Dalman (2015
: 15-19), ada tiga tahapan yaitu pra penulisan, penulisan, pasca penulisan. Pada pra
penulisan melakukan menentukan topik, menentukan tujuan, dan mengumpulkan
data-data informasi, tahap penulisan mulai mengembangkan tulisan dengan unsurunsur instrik sebagai memulai cerita, untuk tahap pasca adalah proses menyunting
yang diulakkan oleh editor. Editor memeriksa kesalahan dalam kalimat dan tanda
bacaan, dan yang terakhir pembuatan dummy produk buku anak. Dalam tahapan
proses penulisan ini dapat membantu penulis membuat cerita anak yang menarik.
Penulis juga melakukan wawancara, dan observasi. Wawancara dilakukan dengan
seorang penulis yang bernama Anis najmu laila, sedangkan untuk observasi nya
penulis mengamati lingkungan sekitar rumah.
In writing the final project of the children's storybook ''Kancil and Ant'' is a fable
children's storybook with the theme of character education, where children can
learn positive values such as mutual help, mutual respect, and hard work in
children's story books. In making the final project, the author is the author of the
story and determines the topic or idea. for writing, the author uses the stages of
writing in Dalman's theory (2015: 15-19), there are three stages, namely prewriting, writing, and post-writing. The pre-writing stage determines the topic,
determines the purpose, collection data informasi, the writing stage begins to
develop writing with instrumental elements as a starting story, for the post-stage is
the editing process that is reviewed by the editor. The editor checks for errors in
sentences and reading marks and finally makes dummy children's book products.
In this stage of the writing process can help writers create interesting children's
stories. The author also conducted interviews and observations. The interview was
conducted with an elementary school teacher, while for the observation, the author
observed the environment around the house.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ingrid Veronica, S.S., M.PD., Dosen Pembimbing I ; 2. Diah Amelia, S.Hum., M.Si., Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Buku anak, pendidikan, penulisan, children's book, education, kancil and ants |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:27 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:27 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/571 |