GEMINDO, REVAN (2024) AKTIVITAS PESANTREN TAHFIDZ TUNA RUNGU PERTAMA DI JAKARTA DALAM FOTOGRAFI CERITA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![AKTIVITAS PESANTREN TAHFIDZ TUNA RUNGU PERTAMA DI JAKARTA DALAM FOTOGRAFI CERITA [thumbnail of AKTIVITAS PESANTREN TAHFIDZ TUNA RUNGU PERTAMA DI JAKARTA DALAM FOTOGRAFI CERITA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FINAL LAPORAN TUGAS AKHIR - REVAN GEMINDO - AKTIVITAS PESANTREN TAHFIDZ TUNA RUNGU PERTAMA DI JAKARTA DALAM FOTOGRAFI CER~1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (651kB)
Abstract
This report investigates deaf children as children who are born with special needs
basically have the same opportunities as normal children in general, including in
teaching Tahfidz Al-Qur'an. If normal children are able to memorize the Al-Qur'an
up to the final stage of 30 juz, then actually deaf children also have the same
opportunity as them. It's just that their success is also greatly influenced by the
educational methods they receive. This research discusses the method of teaching
tahfidz Al-Qur'an to deaf children and how to evaluate the learning outcomes of
deaf students in memorizing the Qur'an using this method at the Tahfidz Disabled
Islamic Boarding School Baznas Bazis DKI Jakarta. Journalistic Photography,
namely Story Photography, is used as a tool to convey stories from various different
points of view. Thus, this report can contribute to the understanding of Deaf
children who are able to change the bad stigma towards them in society.
Laporan ini menyelidiki anak tuna rungu sebagai anak yang terlahir dengan
berkebutuhan khusus pada dasarnya memiliki kesempatan sama dengan anak-anak
normal pada umumnya, termasuk dalam pengajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jika anak
anak normal mampu menghafal AlQur’an sampai tahapan akhir 30 juz, maka
sebenarnya anak tuna rungu pun memiliki kesempatan yang sama dengan mereka.
hanya saja keberhasilan mereka juga sangat dipengaruhi tentang bagaimana metode
pendidikan yang mereka terima. Penelitian ini membahas tentang bagaimana
metode pangajaran tahfidz Al-Qur’an pada anak tunarungu dan bagaimana
bagaimana evaluasi hasil belajar siswa tuna rungu dalam menghafalkan Al-Qur’an
dengan metode tersebut di Pesantren Tahfidz Difabel Baznas Bazis DKI Jakarta.
Fotografi Jurnalistik yakni Fotografi Cerita digunakan sebagai alat untuk
menyampaikan cerita dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Dengan demikian,
laporan ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang anak Tuna
Rungu yang mampu mengubah stigma buruk terhadapanya ke masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Tipri Rose Kartika, S.E., M.M. ; 2. R. Sulistiyo Wibowo, M.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Islamic Boarding School Tahfidz, Deaf, Stigma, Al-Qur’an, Pesantren Tahfidz, Tuna Rungu, Stigma, Al-Qur’an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Fotografi |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 02:14 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 02:14 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/583 |