PEMBUATAN MODEL KARAKTER 3D DENGAN PENDEKATAN TEKNIK BOX MODELING BERDASARKAN CONCEPT CHARACTER DALAM FILM PENDEK ANIMASI “Game ON!”

Maharani Marwan, Nadine Trinita (2024) PEMBUATAN MODEL KARAKTER 3D DENGAN PENDEKATAN TEKNIK BOX MODELING BERDASARKAN CONCEPT CHARACTER DALAM FILM PENDEK ANIMASI “Game ON!”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN MODEL KARAKTER 3D DENGAN  PENDEKATAN TEKNIK BOX MODELING BERDASARKAN  CONCEPT CHARACTER DALAM FILM PENDEK ANIMASI  “Game ON!”] Text (PEMBUATAN MODEL KARAKTER 3D DENGAN PENDEKATAN TEKNIK BOX MODELING BERDASARKAN CONCEPT CHARACTER DALAM FILM PENDEK ANIMASI “Game ON!”)
Laporan Tugas Akhir_Nadine Trinita Maharani Marwan_20230098.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

This writing report aims to review the process of creating a 3D character model for
the animated short film “Game ON!” using the box modeling technique. Lee (in
Ahmad, 2013:13) explains that the box modeling technique is a polygonal modeling
technique that uses low-resolution models and is referenced to high-resolution models
that can be edited interactively in real time. This technique is used to facilitate the
development of models from simple basic forms to more complex forms. This paper
uses a descriptive research method with data collection techniques in the form of
observation, literature study and distributing questionnaires through Google Form,
to get a percentage of teenagers' interest in online games. Evaluation of the box
modeling technique shows its effectiveness in capturing the essence of the character
and supporting the visual narrative. As a result, the character created successfully
represents the character design and concept that has been made and is able to convey
the story well.

Laporan penulisan ini bertujuan untuk mengulas seputar proses pembuatan model
karakter 3D untuk film pendek animasi “Game ON!” dengan menggunakan teknik
box modeling. Lee (dalam Ahmad, 2013:13) menjelaskan bahwa Teknik box
modeling adalah teknik pemodelan poligonal yang menggunakan model resolusi
rendah dan direferensikan ke model ber-resolusi tinggi yang dapat diedit interaktif
secara real time. Teknik ini digunakan untuk memudahkan pengembangan model dari
bentuk dasar yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks. Penulisan ini
menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa
observasi, studi pustaka dan penyebaran kuesioner melalui Google Form, untuk
mendapatkan presentase ketertarikan remaja pada game online. Evaluasi teknik box
modeling menunjukkan keefektifannya dalam menangkap esensi karakter dan
mendukung narasi visual. Hasilnya, karakter yang dibuat berhasil merepresentasikan
design dan concept karakter yang telah dibuat dan mampu menyampaikan cerita
dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Renny Yulyati Br Lumban Toruan, S.Sn., M.Sn. ; 2. Bayu Saputra, S.Komp.
Uncontrolled Keywords: Animation, Box Modeling, 3D Character, Animasi, Karakter 3D
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:52
Last Modified: 14 Mar 2025 02:52
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item
View Item