AHMAD., AHMAD (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN UNITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN UNITY [thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN UNITY]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah TA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (946kB)
Abstract
Arabic has an important role for Muslims because it is used to understand Islam
and the Qur'an. However, learning Arabic often faces obstacles, such as teaching
methods that are less efficient and effective by students. Some teachers at TPA
Nurul Amin still use the lecture method in the teaching and learning process
which causes students to be less active and bored so that interest in learning
decreases. The use of innovative and technology-based learning media can
increase learning effectiveness and student interest. Thus, this research aims to
design multimedia-based Arabic learning media to improve the quality of
learning. In this research, the author uses the Multimedia Development Life Cycle
(MDLC) method in designing applications. The test results received good
responses from students and teachers. This application creates interesting and fun
learning about Arabic language learning and increases students' interest in
learning Arabic vocabulary recognition through interactive media.
Bahasa Arab memiliki peran penting bagi umat Muslim karena digunakan untuk
memahami agama Islam dan kitab Al-Qur'an. Namun, pembelajaran bahasa Arab
seringkali menghadapi kendala, seperti metode pengajaran yang kurang efesien
dan efektif oleh murid. Sebagian guru di TPA Nurul Amin masih menggunakan
metode ceramah dalam proses belajar mengajar yang banyak menyebabkan siswa
kurang aktif dan bosan sehingga minat belajar menurun. Penggunaan media
pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi dapat meningkatkan efektivitas
pembelajaran dan minat murid. Sehingga, penelitian ini bertujuan merancang
media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode
Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam perancangan aplikasi. Hasil
pengujian ini mendapat respon baik dari murid dan guru. Aplikasi ini menciptakan
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan tentang pembelajaran bahasa
Arab dan meningkatkan minat belajar murid pada pengenalan kosakata bahasa
Arab melalui media interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Herly Nurahmi, S.Si, M.Kom. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu,S.P., MM. |
Uncontrolled Keywords: | Arabic, Learning Media, Multimedia Development Life Cycle, Application, Bahasa Arab, Media Pembelajaran, Aplikasi |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:07 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:07 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/667 |