PENERAPAN KEY OPINION LEADER UNTUK MENDUKUNG KAMPANYE LAUNCHING PRODUCT ODENG BEANSPOT

Nehe, Anastasya Sinta (2024) PENERAPAN KEY OPINION LEADER UNTUK MENDUKUNG KAMPANYE LAUNCHING PRODUCT ODENG BEANSPOT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENERAPAN KEY OPINION LEADER UNTUK MENDUKUNG KAMPANYE LAUNCHING PRODUCT ODENG BEANSPOT] Text (PENERAPAN KEY OPINION LEADER UNTUK MENDUKUNG KAMPANYE LAUNCHING PRODUCT ODENG BEANSPOT)
LAPORAN TUGAS AKHIR_Anastasya Sinta Nehe _21330013 - Revisi setelah sidang - Copy-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (959kB)

Abstract

Masyarakat cenderung lebih mempercayai rekomendasi dan ulasan dari individu yang
dianggap mereka kenal atau percaya, seperti penerapan Key Opinion Leader (KOL). KOL
memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk opini dan perilaku konsumen. Merek
dapat lebih efektif dalam menjangkau dan berinteraksi dengan audiens target mereka
melalui kolaborasi dengan KOL. Kolaborasi dengan KOL dapat meningkatkan kredibilitas
merek Beanspot di mata konsumen, khususnya dalam kampanye launching produk
Beanspot. Sebagai Social Media Specialist, penulis bertanggung jawab untuk proses
kerjasama endorsement dengan KOL di pasar lokal. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk
mengetahui cara penerapan KOL pada merek Beanspot dalam kampanye launching produk
yang telah ditentukan oleh perusahaan Alfamart. Metode yang digunakan adalah STP
(Segmentation, Targeting, Positioning). Metode kajian yang digunakan adalah metode
kualitatif, yaitu observasi. Hasil pengembangan kajian ini menunjukkan adanya pengaruh
sosial berupa dampak peningkatan penjualan produk yang akan diluncurkan melalui
kampanye launching dengan penerapan KOL. Penerapan KOL diharapkan dapat
memberikan dampak positif pada persepsi merek dan meningkatkan engagement
konsumen terhadap produk Beanspot.

People tend to trust recommendations and reviews from individuals they perceive as
familiar or trustworthy, such as Key Opinion Leaders (KOLs). KOLs have a significant
influence in shaping consumer opinions and behaviors. Brands can more effectively reach
and engage their target audience through collaboration with KOLs. Collaborating with
KOLs can enhance the credibility of the Beanspot brand in the eyes of consumers,
particularly in the product launch campaign for Beanspot. As a Social Media Specialist,
the writer is responsible for managing the endorsement collaboration with KOLs in the
local market. The aim of this writing is to understand the implementation of KOLs for the
Beanspot brand in the product launch campaign as determined by Alfamart. The method
used is STP (Segmentation, Targeting, Positioning). The research method employed is
qualitative, specifically observation. The findings from this study indicate a social impact
in the form of increased product sales resulting from the launch campaign with the
implementation of KOLs. The application of KOLs is expected to positively impact brand
perception and enhance consumer engagement with the Beanspot product.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Tipri Rose Kartika, M.M. ; 2. Zaenab, S.S., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Campaign, Key Opinion Leader, Segmenting Targeting and Posistioning
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 19 Mar 2025 02:15
Last Modified: 19 Mar 2025 02:15
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item
View Item