PEMBUATAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM KOOMIK.ID UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS

Permana, Raisa (2024) PEMBUATAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM KOOMIK.ID UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM KOOMIK.ID UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS] Text (PEMBUATAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM KOOMIK.ID UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS)
Laporan Tugas Akhir_Raisa Permana_Periklanan-1-16.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (815kB)

Abstract

Dengan berkembangnya zaman, teknologi informasi menjadi lebih mudah bagi
manusia untuk beraktifitas, mendapatkan berita, dan mencari berbagai informasi
di internet. Dengan hadirnya media sosial seperti Instagram, salah satu platform
comic sharing lokal yang menggunakan Instagram untuk mengunggah konten
visual adalah Koomik.id. Rendahnya kesadaran audiens terhadap Koomik.id
berupa kurang menariknya konten visual di mata pengguna. Tujuan penulis
membuat konten visual agar Koomik.id lebih dikenal dan mampu bersaing dengan
kompetitor lainnya. Dalam laporan tugas akhir ini digunakan teori komunikasi
massa, komunikasi visual, konten visual, desain grafis, pengertian STP dan
metode AISAS. Laporan tugas akhir ini menggunakan metode penelitian
observasi dan wawancara bersama narasumber yaitu mentor di tempat praktik
industri melalui chat whatsapp. Laporan tugas akhir ini menghasilkan pernyataan
adanya peningkatan awareness Koomik.id. Hasil analisis data juga menunjukkan
bahwa konten visual memiliki hasil yang positif dengan impresi sebesar 10,209
dan peningkatan followers sebesar 0,3% terhadap peningkatan awareness
Koomik.id

With the development of the times, information technology has become easier for
humans to carry out activities, get news and search for various information on the
internet. With the presence of social media such as Instagram, one of the local
comic sharing platforms that uses Instagram to upload visual content is
Koomik.id. Low audience awareness of Koomik.id in the form of less attractive
visual content in the eyes of users. The author's goal is to create visual content so
that Koomik.id is better known and able to compete with other competitors. In this
final assignment report, mass communication theory, visual communication,
visual content, graphic design, the meaning of STP and the AISAS method are
used. This final assignment report uses observation research methods and
interviews with resource persons, namely mentors at industrial practice sites via
WhatsApp chat. This final assignment report produces a statement that there is an
increase in awareness of Koomik.id. The results of data analysis also show that
visual content has positive results with impressions of 10,209 and an increase in
followers of 0,3% towards increasing awareness of Koomik.id.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Handika Dany Rahmayanti, M.Si. ; 2. Jefri Rahmadian, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Visual, Koomik.id, Instagram, Awareness
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 19 Mar 2025 02:49
Last Modified: 19 Mar 2025 02:49
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item
View Item