PERANCANGAN KONTEN YOUTUBE SHORT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS NATURALCO

Rachman, Andhara Putri (2024) PERANCANGAN KONTEN YOUTUBE SHORT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS NATURALCO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KONTEN YOUTUBE SHORT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS NATURALCO] Text (PERANCANGAN KONTEN YOUTUBE SHORT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS NATURALCO)
Laporan Tugas Akhir Andhara Putri Rachman-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (258kB)

Abstract

Di tengah persaingan konten yang terus berkembang di YouTube Shorts,
meningkatkan brand awareness adalah elemen kunci untuk membedakan merek
dari pesaing. Naturalco telah mencoba melakukan ini, tetapi akun YouTube Shorts
Naturalco belum memberikan hasil yang maksimal. Kurangnya kualitas produksi
video dan perancangan konten yang tidak sesuai dengan target audiens serta kondisi
saat ini menjadi masalah utama. Penulisan karya Tugas Akhir ini bertujuan agar
pembaca dapat mengetahui perancangan konten YouTube Short akun Naturalco.
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penyusunan Tugas Akhir ini
adalah dengan observasi, studi Pustaka dan penelusuran data online. Melalui
analisis STP, SWOT, AISAS dan KPI brand awareness. Berdasarkan data insight,
penulis berhasil meningkatkan views & subscribers akun YouTube Short Naturalco
dan dapat disimpulkan bahwa ternyata konten video hiburan, konten promosi
melalui pendekatan soft selling dan konten dengan judul yang tidak ada kaitannya
dengan produk adalah konten yang paling signifikan memberikan kenaikan pada
akun YouTube Short Naturalco

In the midst of the ever-evolving content competition on YouTube Shorts, enhancing
brand awareness is a key element in distinguishing a brand from its competitors.
Naturalco has attempted to do this, but their YouTube Shorts account has not yet
delivered optimal results. The main issues are the lack of video production quality
and content design that do not align with the target audience and current
conditions. The purpose of this thesis is to inform readers about the content design
for Naturalco's YouTube Shorts account. The data collection methods used in
preparing this thesis include observation, literature review, and online data
research. Through STP, SWOT, AISAS, and KPI brand awareness analysis, the
author successfully increased views and subscribers for Naturalco's YouTube
Shorts account. It can be concluded that entertainment videos, promotional content
using a soft-selling approach, and content with titles unrelated to the product are
the most significant contributors to the growth of Naturalco's YouTube Shorts
account.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sartika Ekadyasa S.Kom., M.I.Kom. ; 2. Firda Nida Fauziyyah, S.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Merek, Brand awareness, YouTube Short, Content, Social Media Specialist
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:20
Last Modified: 19 Mar 2025 04:20
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item
View Item