PERANCANGAN VISUAL DESAIN GRAFIS HARIAN UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN INSTAGRAM GARUDA TV

Annafri, Ahmad Yusuf (2024) PERANCANGAN VISUAL DESAIN GRAFIS HARIAN UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN INSTAGRAM GARUDA TV. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN VISUAL DESAIN GRAFIS HARIAN UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN INSTAGRAM GARUDA TV] Text (PERANCANGAN VISUAL DESAIN GRAFIS HARIAN UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN INSTAGRAM GARUDA TV)
Final TA Ahmad Yusuf Annafri-1-12.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (452kB)

Abstract

Tugas Akhir dengan judul “Perancangan visual desain grafis harian untuk
meningkatkan jangkauan Instagram Garuda TV” yang memiliki kekurangan dalam
jangkauan Instagram dengan tujuan untuk meningkatkan Instagram Garuda TV
selama periode bulan Desember hingga bulan Maret serta bertujuan untuk
menyesuaikan brand guideline sebelumnya dengan membuat brand guideline baru
namun tidak menghilangkan aset utama pada desain sebelumnya. Dalam
pembuatan desain visual harian Garuda TV menggunakan creative brief serta
prinsip desain yang menyesuaikan brand guideline dan menggunakan SWOT untuk
menganalisis kekurangan dan kelebihan brand serta STP untuk menganalisis
segmentasi pasar. Terdapat tiga metode pengumpulan data yang digunakan dalam
pembuatan laporan tugas akhir ini, yaitu observasi, studi pustaka, dan studi
dokumen. Garuda TV telah memiliki peningkatan jangkauan Instagram selama
periode bulan Desember hingga bulan Maret yang telah dianalisis penulis
menunjukkan bahwa peningkatan tersebut didasarkan oleh adanya konten politik
serta konten kolaborasi bersama penyelenggara acara grup band Jonas Brothers.

The final project titled "Daily Visual Graphic Design Planning to Increase
Instagram Reach of Garuda TV" addresses the lack of reach on Garuda TV’s
Instagram with the aim to enhance it during the period from December to March.
It also aims to update the previous brand guidelines by creating new ones without
eliminating the main assets from the previous designs. In creating the daily visual
designs for Garuda TV, a creative brief and design principles that align with the
brand guidelines are used, along with a SWOT analysis to identify the brand’s
strengths and weaknesses, and STP analysis for market segmentation. Three data
collection methods are employed in the preparation of this final project report:
observation, literature study, and document study. Garuda TV has experienced an
increase in Instagram reach during the period from December to March. The
author's analysis shows that this increase is due to the presence of political content
and collaboration content with event organizers and the band Jonas Brothers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dosen pembimbing 1 : Dr. Handika Dany Rahmayanti, M.Si. ; 2. Dosen pembimbing 2 : Jefri Rahmadian, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Desain Grafis, Aset Garuda TV, Ringkasan Kreatif, Graphic Design, Asset Garuda TV, Creative Brief
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:25
Last Modified: 20 Mar 2025 03:25
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item
View Item