Saputro, Ghithraf Ibrahim (2024) “PEMBUATAN KONTEN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT TVRI NASIONAL”. Diploma thesis, The author has completed a 6-month internship at LPP TVRI Nasional as a social media Content Creator and Copywriter. The duration of my internship was from February to July 2024. Social media platform s such as TikTok offer great opportunities for broadca.
![“PEMBUATAN KONTEN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT TVRI NASIONAL” [thumbnail of “PEMBUATAN KONTEN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT TVRI NASIONAL”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR 2024 - Ghithraf-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (904kB)
Abstract
Penulis telah melaksanakan magang selama 6 bulan di LPP TVRI Nasional sebagai
Social Media Content Creator dan Copywriter. Durasi magang penulis berlangsung
dari bulan Februari hingga Juli 2024. Platform media sosial seperti TikTok
menawarkan peluang besar bagi lembaga penyiaran untuk berinteraksi dengan
audiens yang lebih luas. Dalam hal ini, tim media sosial TVRI banyak
menghasilkan berbagai jenis konten yang efektif dalam menarik perhatian dan
partisipasi audiens. Konten yang informatif, menghibur, dan autentik, yang
disajikan dengan gaya yang sesuai dengan tren TikTok, diharapkan dapat
meningkatkan engagement pada TVRI Nasional. Dalam penulisan Laporan Tugas
Akhir ini, penulis telah melakukan penelitian terhadap beberapa konten yang
memiliki peluang untuk meningkatkan engagement pada TVRI Nasional. Pada
penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode analisis dalam menciptakan
konten yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens TikTok, di antaranya
yaitu Analisis Konten Kreatif, Analisis Digital Content Strategy, Analisis STP, dan
Analisis AISAS. Selain itu untuk mendukung analisis yang dilakukan, penulis
menambahkan metode penelitian yaitu Observasi dan Studi Pustaka. Pada hasil
penelitian ini, akan memperlihatkan konten-konten yang diproduksi telah
berpeluang untuk meningkatkan engagement pada TVRI Nasional.
The author has completed a 6-month internship at LPP TVRI Nasional as a social
media Content Creator and Copywriter. The duration of my internship was from
February to July 2024. Social media platform s such as TikTok offer great
opportunities for broadcasters to interact with a wider audiens. In this case, TVRI's
social media team produces many types of content that are effective in attracting
audiens attention and participation. Informative, entertaining, and authentic
content presented in a style that fits the TikTok trend is expected to increase
engagement on TVRI Nasional. In writing this final project report, the author has
conducted research on various content that has the potential to increase
engagement on TVRI Nasional. In this research, the author uses several analysis
methods to create content that meets the needs of the TikTok audiens, including
creative content analysis, digital content strategy analysis, STP analysis, and AISAS
analysis. In addition, to support the analysis conducted, the author adds research
methods, namely observation and literature study. The results of this study will
show that the content produced has the opportunity to increase engagement on
National TVRI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Nurul Akmalia., S.I.Kom,, M.Med.Kom. ; 2. Dr. (Can) Ressa Uli Patrissia, S.S., M.Ikom, AMIPR |
Uncontrolled Keywords: | Pembuatan Konten, Content creation, engagement, TikTok. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 08:06 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 08:06 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/780 |