Putra, Raihan Raka (2024) PROSES PERANCANGAN KONTEN TIKTOK PADA AKUN @KOPIMANTAPABC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PROSES PERANCANGAN KONTEN TIKTOK PADA AKUN @KOPIMANTAPABC [thumbnail of PROSES PERANCANGAN KONTEN TIKTOK PADA AKUN @KOPIMANTAPABC]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir - Raihan Rhaka Putra - 21330083-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Perubahan regulasi saat pandemic, perilaku konsumen yang berkembang,
dan dominasi media sosial TikTok dengan konten video pendeknya mendorong
inovasi dalam komunikasi bisnis dan pemasaran di ranah digital. Dengan tujuan
penelitian untuk mengetahui proses perancangan konten TikTok ada akun
@kopimantapabc, Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah
observasi, studi Pustaka, dan wawancara terhadap user pada saat penulis
melaksanakan praktik industri. Dalam perancangan konten TikTok untuk Kopi
ABC, penulis menggunakan metode analisis kompetitor, lalu analisis SWOT
untuk mengetahui kekuatan, kekurangan, kesempatan, dan ancaman bagi Kopi
ABC. Setelah itu penulis menganalisa segmentation, targeting, dan positioning
untuk mengetahui target pasar lebih rinci. Selain itu penulis juga menerapkan
pendekatan AISAS untuk setiap konten yang dirancang sesuai dengan tujuan dari
konten tersebut. Dalam proses perancangan penulis mengimplementasikan tiga
tahapan Utama, yakni adalah persiapan atau pra produksi, lalu tahap pelaksanaan
atau produksi, dan tahap evaluasi atau pasca produksi.
Regulatory changes during the pandemic, evolving consumer behavior,
and the dominance of TikTok with its short video content drive innovation in
business communication and marketing in the digital realm. The research aims to
understand the content design process for the TikTok account @kopimantapabc.
The methods used in this final project include observation, literature study, and
interviews with users during the author's industrial practice. In designing TikTok
content for Kopi ABC, the author employs competitor analysis, followed by SWOT
analysis to identify strengths, weaknesses, opportunities, and threats for Kopi
ABC. Next, the author analyzes segmentation, targeting, and positioning to more
precisely determine the target market. Additionally, the author applies the AISAS
approach (Attention, Interest, Search, Action, Share) for each content designed to
align with the content's objectives. The content design process involves three main
stages: preparation or pre-production, execution or production, and evaluation or
post-production.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. R. Sulistiyo Wibowo, M.Sn., Selaku Dosen Pembimbing I ; 2. Dr. Ressa Uli Patrissia, S.S.,M.Ikom, Selaku Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Konten, Proses, Content, Process, TikTok. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 07:11 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 07:11 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/791 |