PERANCANGAN FILM ANIMASI “THE ORPHANAGE” SEBAGAI MEDIA EDUKASI EMPATI BAGI REMAJA USIA 12-16 TAHUN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) PONDOK ILMU PROYEK AKHIR (Scriptwritter, Colorist, Soundeffect)

SABRIANI AZHAARA, AZHAARA (2024) PERANCANGAN FILM ANIMASI “THE ORPHANAGE” SEBAGAI MEDIA EDUKASI EMPATI BAGI REMAJA USIA 12-16 TAHUN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) PONDOK ILMU PROYEK AKHIR (Scriptwritter, Colorist, Soundeffect). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN FILM ANIMASI “THE ORPHANAGE” SEBAGAI MEDIA EDUKASI EMPATI BAGI REMAJA USIA 12-16 TAHUN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) PONDOK ILMU PROYEK AKHIR (Scriptwritter, Colorist, Soundeffect)] Text (PERANCANGAN FILM ANIMASI “THE ORPHANAGE” SEBAGAI MEDIA EDUKASI EMPATI BAGI REMAJA USIA 12-16 TAHUN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) PONDOK ILMU PROYEK AKHIR (Scriptwritter, Colorist, Soundeffect))
LAPORAN TA_AZHAARA SABRIANI_final-1-16.pdf

Download (467kB)

Abstract

In 2020, empathy levels among teenagers saw a decline, evidenced by the
rise in crimes involving minors. Today’s youth are experiencing an empathy
crisis, whre they are increasingly unhesitant to engage in criminal activities. The
Minister of Social Affairs stated that 40% of suicide cases in Indonesia are
attributed to bullying itself. Empathy is crucial in preventing harm to others. The
research methodology chosen is qualitative. Utilizing Hybrid Animation
technique, the study aims to use animate films as an effective educational medium
to enchance teenage empathy. This hypothesis is supported by the research’s
processed data. The research aims to educate teenagers through the animated
short film “The Orphanage”, emphasizing the importance of empathy towards
others.
Keywords: Animation, Empathy, Teenager
Tingkat empati pada kalangan remaja pada tahun 2020 mengalami
penurunan, kasus kejahatan yang terjadi pada anak dibawah umur menjadi bukti.
Remaja di masa kini mengalami krisis empati dimana mereka sudah tidak segan
lagi melakukan tindak kejahatan. Menteri Sosial mengatakan sebanyak 40% kasus
bunuh diri yang terjadi pada Indonesia disebabkan oleh perundungan itu sendiri.
Empati dibutuhkan untuk membuat setiap orang tidak menyakiti sesama manusia.
Teknik penelitian yang akan digunakan adalah Kualitatif. Dengan menggunakan
Teknik Animasi Hybrid sehingga menghasilkan penggunaan film Animasi sebagai
media edukasi terbukti ampuh dalam meningkatkan empati remaja, dugaan ini
diperkuat oleh sumber data yang telah peneliti olah dalam penelitian ini. Tujuan
penelitian ini untuk memberikan edukasi terhadap anak remaja melalui film
animasi “The Orphanage” tentang pentingnya berempati.
Kata Kunci : Animasi, Empati, Remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Jodies Setiamawati, M.Pd, selaku Pembimbing I Dessy Wahyuni, S.Sn, selaku Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Keywords: Animation, Empathy, Teenager Kata Kunci : Animasi, Empati, Remaja
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:36
Last Modified: 16 Apr 2025 02:36
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item
View Item