PENGEMBANGAN COPYWRITING BERBASIS AI DALAM MENGELOLA KONTEN TEKS INSTAGRAM @ADVPOLIMEDIA

Nisa, Sarah (2024) PENGEMBANGAN COPYWRITING BERBASIS AI DALAM MENGELOLA KONTEN TEKS INSTAGRAM @ADVPOLIMEDIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN COPYWRITING BERBASIS AI DALAM MENGELOLA KONTEN TEKS INSTAGRAM @ADVPOLIMEDIA] Text (PENGEMBANGAN COPYWRITING BERBASIS AI DALAM MENGELOLA KONTEN TEKS INSTAGRAM @ADVPOLIMEDIA)
TUGAS AKHIR_Sarah Nisa_21330106-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (418kB)

Abstract

Kemajuan kecerdasan Buatan (AI) berpotensi menjadikannya sebagai alat yang
efektif dalam proses pembuatan konten. Namun, strategi pengembangan
copywriting berbasis AI belum diterapkan oleh @advpolimedia dalam mengelola
konten teks Instagram. Selain memanfaatkan copywriting berbasis AI, dalam
membuat konten teks Instagram diperlukan penerapan proses dan prinsip
copywriting, serta struktur penulisan naskah 4P (Promise, Picture, Proof, Push)
untuk menciptakan caption yang lebih menarik dan relevan bagi audiens.
Penulisan ini, menerapkan observasi unggahan @advpolimedia, studi pustaka, dan
pencarian online sebagai metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil yang
didapat dari penulisan ini, mengidentifikasi potensi copywriting berbasis AI yang
efektif meningkatkan strategi pembuatan konten dan caption pada Instagram
menjadi lebih baik.

Artificial intelligence (AI) has the potential to make it an effective tool in the
content creation process. However, the AI-based copywriting development
strategy has not been implemented by @advpolimedia in managing Instagram text
content. In addition to utilizing AI-based copywriting, it is necessary to apply the
copywriting process and principles, as well as the 4P Copywriting Formula
(Promise, Picture, Proof, Push) to create captions that are more attractive and
relevant to the audience on Instagram. The study employs observation of the
@advpolimedia’s posts, literature review, and online searches as data collection
methods. Key findings from the study will provide insights into the potential of
AI-based copywriting to enhance the performance and optimize content creation
strategies and captions on Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rizky Kertanegara, S.S., M.Si., CIAL., selaku Pembimbing I ; 2. Pahala Basuki, M.I.Kom., selaku Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Media Sosial, Penulisan Naskah, Teks Takarir, Kecerdasan Buatan, Communication, Social Media, Instagram, Copywriting, Caption Artificial Intelligence
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 16 Apr 2025 06:51
Last Modified: 16 Apr 2025 06:51
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item
View Item