PEMBUATAN REELS PADA INSTAGRAM KEDAI SOBAT KOPI UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT TAHUN 2024

Athallah, Muhammad Irfan (2024) PEMBUATAN REELS PADA INSTAGRAM KEDAI SOBAT KOPI UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT TAHUN 2024. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN REELS PADA INSTAGRAM KEDAI SOBAT KOPI UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT TAHUN 2024] Text (PEMBUATAN REELS PADA INSTAGRAM KEDAI SOBAT KOPI UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT TAHUN 2024)
TA Irfan Final PDF-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (297kB)

Abstract

Kedai Sobat Kopi adalah kedai kopi yang ada di Cikarang yang mulai beroperasi
tahun 2020. Dalam promosi instagram mempunyai permasalahan kurang
meningkatnya engagement dalam reels Instagram. Penulisan tugas akhir ini
bertujuan untuk mengetahui pembuatan Reels di Instagram Kedai Sobat Kopi guna
meningkatkan engagement tahun 2024. Tugas akhir dilakukan selama periode
Januari-April dengan metode analisis kuantitatif terhadap metrik engagement
seperti likes, comments, share, dan views. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan engagement sebesar 48,5% dan jumlah followers meningkat sebesar
16,1%. Strategi yang diterapkan meliputi pembuatan konten kreatif, konsisten, dan
interaktif melalui Reels. Kesimpulannya, pembuatan Reels hampir berhasil
meningkatkan visibilitas dan interaksi di Instagram, yang berdampak positif
terhadap penjualan dan pertumbuhan bisnis Kedai Sobat Kopi.

Kedai Sobat Kopi is a coffee shop in Cikarang which started operating in 2020. In
Instagram promotions there is a problem of not increasing engagement on
Instagram reels. The purpose of writing this final assignment is to determine the
creation of Reels on Kedai Sobat Kopi's Instagram in order to increase engagement
in 2024. The final assignment was carried out during the January-April period
using a quantitative analysis method for engagement metrics such as likes,
comments, shares and views. The research results showed an increase in
engagement by 48.5% and the number of followers increased by 16.1%. The
strategy implemented includes creating creative, consistent and interactive content
through Reels. In conclusion, the creation of Reels has almost succeeded in
increasing visibility and interaction on Instagram, which has had a positive impact
on sales and business growth of Keta Sobat Kopi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sartika Ekadyasa, S.Kom,. M.I.Kom Selaku Pembimbing 1 ; 2. Naldo, M.Si Selaku Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Manufacture Of Reels, Pembuatan Reels, Instagram, Engagement, Social Media Specialist, Kedai Sobat Kopi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 16 Apr 2025 08:25
Last Modified: 16 Apr 2025 08:25
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item
View Item