PRODUCT BRANDING BAKSO IKAN TEPUNG UMBI GARUT MELALUI KEMASAN DAN MEDIA SOSIAL

Yasmin, Julia (2024) PRODUCT BRANDING BAKSO IKAN TEPUNG UMBI GARUT MELALUI KEMASAN DAN MEDIA SOSIAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PRODUCT BRANDING BAKSO IKAN TEPUNG UMBI GARUT MELALUI KEMASAN DAN MEDIA SOSIAL] Text (PRODUCT BRANDING BAKSO IKAN TEPUNG UMBI GARUT MELALUI KEMASAN DAN MEDIA SOSIAL)
Tugas Akhir_Julia Yasmin-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB)

Abstract

ABSTRACT
Social media has an essential function in a brand, such as communication, a place
for branding, a place of business, and also a place of marketing. The importance of
product branding in a business is to make products more recognizable by
consumers, build consumer confidence in the products sold, and increase the value
of the brand. The research aims to explore packaging design planning strategies
and implementation of product branding for fish bakes, with a focus on the use of
social media, especially Instagram. The method used for this research is
qualitative. The results of this study obtained a packaging assessment from experts
1 and 2, which showed that the packaging criteria met an excellent quality
standard, with an overall average of 3.9. Implementing product branding through
social media on Instagram by creating exciting content and making the giveaway
proved successful in improving the interaction between product and consumer, as
well as expanding brand reach. Understanding the importance of attractive
packaging design and a compelling product branding strategy it is expected to
increase product competitiveness in an increasingly competitive market.
Keywords: Packaging design, product branding, social media, garut tuber fish
meatballs.
ABSTRAK
Media sosial memiliki sebuah fungsi penting dalam sebuah brand seperti sebagai
komunikasi, tempat untuk melakukan branding, tempat usaha dan juga tempat
marketing. Pentingnya product branding dalam sebuah bisnis adalah membuat
produk lebih mudah dikenal oleh konsumen, membangun kepercayaan konsumen
terhadap produk yang dijual, dan meningkatkan nilai brand tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk menjelajahi strategi perancangan desain kemasan dan pelaksanaan
product branding untuk bakso ikan tepung umbi garut, dengan fokus pemanfaatan
media sosial, khususnya Instagram. Metode yang digunakan untuk penelitian ini
yaitu kualitatif. Hasil penelitian ini didapatkan penilaian kemasan dari expert 1 &
2 menunjukkan bahwa kriteria kemasan telah memenuhi standar kualitas yang baik,
dengan nilai rata-rata keseluruhan mencapai 3,9. Pelaksanaan product branding
melalui media sosial di instagram dengan membuat konten yang menarik dan
membuat giveaway terbukti berhasil dalam meningkatkan interaksi antara produk
dan konsumen, serta memperluas jangkauan merk. Dengan memahami pentingnya
desain kemasan yang menarik dan strategi product branding yang efektif,
diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk di pasar yang semakin
kompetitif.
Kata Kunci: Desain kemasan, Product branding, Media sosial, Bakso Ikan
Tepung Umbi Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Lu’luwatin Rosdiana Aprilia, S.Pd., M.Sc., selaku dosen pembimbing I. Anindita Budi Astuti, S.E, M.M., selaku Dosen Pembimbing II.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:16
Last Modified: 12 Feb 2025 07:16
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item
View Item