PEMBUATAN BUSANA KERJA MODEST WANITA DENGAN TEKNIK BORDIR MOTIF RUMAH TRADISIONAL ACEH (STUDI KASUS : BATIK ORGANIK)

Putri, Nisya Arifah (2024) PEMBUATAN BUSANA KERJA MODEST WANITA DENGAN TEKNIK BORDIR MOTIF RUMAH TRADISIONAL ACEH (STUDI KASUS : BATIK ORGANIK). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN BUSANA KERJA MODEST WANITA DENGAN TEKNIK BORDIR MOTIF RUMAH TRADISIONAL ACEH (STUDI KASUS : BATIK ORGANIK)] Text (PEMBUATAN BUSANA KERJA MODEST WANITA DENGAN TEKNIK BORDIR MOTIF RUMAH TRADISIONAL ACEH (STUDI KASUS : BATIK ORGANIK))
TA NISYA ARIFAH PUTRI 20220092mmm-1-10.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (683kB)

Abstract

Batik Organik merupakan brand batik yang memproduksi kain batik dengan unsur
budaya Indonesia. Batik Organik memiliki motif dari Sabang sampai Merauke atau
dari berbagai Nusantara.. Namun, pada brand batik Organik belum adanya motif
dari sabang salah satunya Batik Aceh, maka dari itu Batik Organik membutuhkan
pengembangan motif Batik Aceh untuk direalisasikan pada batik cap dengan tujuan
meningkatkan pendapatan penjualan. Berdasarkan permasalahan ini dibutuhkan
pengembangan motif Batik Aceh d engan tujuan memperluas pasar untuk dewasa
awal dengan merancang busana kerja modest wanita. Busana kerja modest wanita
adalah busana kerja yang menutupi sebagian besar bagian tubuh yang dipakai ketika
melakukan pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Studi ini
menggunakan metode pengembangan motif untuk desain busana wanita melalui
pendekatan design thingking Hasso Platner. Hasil dari penelitian ini yaitu stilasi
motif batik cap Aceh Dapat disimpulkan bahwa Motif Batik Aceh dari Batik
Organik dapat menjadi busana siap pakai dengan teknik cap melalui stilasi motif
batik cap untuk wanita kerja modest wanita usia 25- 30 tahun.

Brand Batik Organik is a batik company that produces batik sheet cloth whose
motifs are inspired by various Indonesian archipelagos. Brand Batik Organik wants
to add to its collection with a target market of working women aged 25-30 years.
This research aims to design Modest work clothes by using a combination of
stamped batik cloth with Aceh veranda motifs so that product sales of Acehnese
batik increase. Modest work clothes are work clothes that cover most parts of the
body that are worn when carrying out work according to their respective duties.
Using a qualitative method with the Design Thinking approach - Hasso Platner,
there are 5 stages, namely, empthetize (explore the problem), Define (determine the
problem), ideate (collection of ideas as a solution), prototype (creation of product
samples based on ideas), test (evaluation to the target market or market). Through
this writing, a selection of embroidery motifs was obtained by exploring Aceh's
decorative motifs. The conclusion of this writing is the design of work clothing with
a combination of Acehnese motifs and embroidery techniques with a target age of
25-30 years.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rahmi Annissa, S.Pd., M.Ds., selaku dosen pembimbing I ; 2. Eka Triana, SE., M.S.Ak., selaku dosen pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Batik Aceh, Busana Kerja, Batik Aceh, Acehnese Batik, Work Clothing, Modestwear
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 746 Seni tekstil
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Mode
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 06 May 2025 02:34
Last Modified: 06 May 2025 02:34
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item
View Item