Rangga Wijaya Aditya, Aditya (2024) EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan” [thumbnail of EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir_Aditya Rangga Wijaya_20230006-1-14.pdf
Download (669kB)
Abstract
This research explores the design of the animated film entitled "Screw It!" which
functions as a problem solving educational medium. The aim of making this
animated film is to teach responsibility and problem solving to elementary school
children, as well as enrich academic literature, especially in the development of
animation and multimedia-based learning media. The focus of this research is on
3D Layout and 3D Modeling methods, using Autodesk Maya and Blender software,
to create a unique and interesting animation style in the animated video "Screw
It!". The data collection technique used is a qualitative method through interviews
with parents, animation practitioners and teaching staff. The results showed that
the animated film "Screw It!" effective as an educational medium for problem
solving and responsibility for elementary school children.
Keyword: Animation, Problem Solving, 3D Layout, 3D Modeling
Penelitian ini mengeksplorasi desain film animasi berjudul “Screw It!” yang
berfungsi sebagai media edukasi problem solving. Tujuan pembuatan film animasi
ini adalah untuk mengajarkan tanggung jawab dan pemecahan masalah kepada
anak-anak sekolah dasar, sekaligus memperkaya literatur akademik, khususnya
dalam pengembangan media pembelajaran berbasis animasi dan multimedia. Fokus
penelitian ini adalah pada metode 3D Layout dan 3D Modeling, menggunakan
perangkat lunak Autodesk Maya dan Blender, untuk menciptakan gaya animasi
yang unik dan menarik dalam video animasi "Screw It!". Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah metode kualitatif melalui wawancara dengan orang tua
murid, praktisi animasi, dan tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
film animasi "Screw It!" efektif sebagai media edukasi untuk pemecahan masalah
dan tanggung jawab bagi anak-anak sekolah dasar.
Kata Kunci: Animasi, Pemecahan Masalah, 3D Tata Letak, 3D Modeling
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Maria Ulfah, S.Pd., M.M., Moses Raissa Graceivan, M.Sn., |
Uncontrolled Keywords: | Keyword: Animation, Problem Solving, 3D Layout, 3D Modeling Kata Kunci: Animasi, Pemecahan Masalah, 3D Tata Letak, 3D Modeling |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 08 May 2025 01:40 |
Last Modified: | 08 May 2025 01:40 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/898 |