RAMDANI, RIZKI RAHMAT (2024) PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI 3D “LAST TOAST” SEBAGAI GAMBARAN PENGARUH BEGADANG TERHADAP PENURUNAN DAYA INGAT REMAJA (Animating, Lighting & Rendering). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI 3D “LAST TOAST” SEBAGAI GAMBARAN PENGARUH BEGADANG TERHADAP PENURUNAN DAYA INGAT REMAJA (Animating, Lighting & Rendering) [thumbnail of PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI 3D “LAST TOAST” SEBAGAI GAMBARAN PENGARUH BEGADANG TERHADAP PENURUNAN DAYA INGAT REMAJA (Animating, Lighting & Rendering)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIZKI RAHMAT RAMDANI_LAPORAN PROYEK AKHIR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (747kB)
Abstract
This project aims to design and produce a 3D animated short film titled "Last
Toast" with the goal of raising awareness about the impact of staying up late on the
memory decline in teenagers. The 3D animated short film "Last Toast" seeks to
provide an entertaining and educational experience for viewers by featuring the
characters Rico and Bread. In the production of the animated short film "Last
Toast," we used Autodesk Maya 2020, Blender, Adobe Substance, Adobe Photoshop
CC 2018, PureRef, and Da Vinci Resolve. The research employs a qualitative
method. It is hoped that this film can serve as an effective learning tool and convey
the message about the importance of getting enough sleep to maintain memory. This
work is also expected to contribute positively to the 3D animation industry.
Proyek ini bertujuan untuk merancang dan memproduksi film pendek animasi 3D
berjudul “Last Toast” dengan tujuan sebagai media peningkatan kesadaran
terhadap pengaruh begadang terhadap penurunan daya ingat remaja. Film pendek
animasi 3D “Last Toast” ingin menampilkan film animasi yang menghibur
sekaligus mengedukasi penonton dengan menghadirkan karakter Rico dan Roti.
Dalam pembuatan film pendek animasi “Last Toast”, kami menggunakan Autodesk
Maya 2020, Blender, Adobe Substance, Adobe Photoshop CC 2018, PureRef, dan
Da Vinci Resolve. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Diharapkan, film ini
dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dan menyampaikan pesan tentang
pentingnya tidur yang cukup untuk menjaga daya ingat. Hasil karya ini juga
diharapkan dapat memberikan kontribusi postitif bagi industry animasi 3D.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dwi Mandasari Rahayu, S.P, M.Kom. ; 2. Ilham Khalid Setiawan, S.T. |
Uncontrolled Keywords: | Staying Up Late, Memory Decline, 3D Animated Film, Qualitative, Begadang, Penurunan daya ingat, Film Animasi 3, Kualitatif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:01 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:01 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/899 |