PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL KLIKNKLIN DIGITAL NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI – JULI 2024

Jati Setiadi, Rahadini Laksita (2024) PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL KLIKNKLIN DIGITAL NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI – JULI 2024. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL KLIKNKLIN DIGITAL NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI – JULI 2024] Text (PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL KLIKNKLIN DIGITAL NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI – JULI 2024)
LAPORAN TUGAS AKHIR_RAHADINI LAKSITA JATI SETIADI_21330081-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

KliknKlin Digital Nusantara sebagai perusahaan berbasis teknologi layanan binatu di Indonesia memanfaatkan media sosial Instagram dan Tiktok sebagai media komunikasi pemasaran mereka. Namun, konten pada media sosial KliknKlin
masih belum optimal sehingga perlu adanya konten video dan konten pillar. Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk menguraikan bagaimana Konten Kreator di PT KliknKlin Digital Nusantara dalam pembuatan konten video guna
meningkatkan engagement. Teori yang penulis gunakan dalam laporan ini adalah Teori Konten Kreatif, Konten Plan, Konten Kreator, Media Sosial, Engagement dengan model AIDA. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta studi pustaka. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa dalam
pembuatan konten media sosial Instagram berhasil meningkatkan engagement rate sebesar 7.64%, dan TikTok sebesar 4.90% pada periode Februari hingga Juli 2024. Pembahasan juga mencakup perbedaan pendekatan konten antara platform Instagram dan TikTok, serta efektivitas penggunaan tren terkini dalam menarik perhatian audiens. Kesimpulan dari laporan ini adalah penggunaan model AIDA dalam pembuatan konten video secara signifikan meningkatkan metrik
engagement, menunjukkan bahwa konten yang dibuat efektif digunakan dalam promosi pemasaran KliknKlin kepada target audiens.

KliknKlin Digital Nusantara, a technology-based laundry service company in Indonesia, utilizes Instagram and TikTok as their marketing communication platforms. However, the content on KliknKlin’s social media is not yet optimal,
indicating a need for video and pillar content. This report aims to outline how content creators at PT KliknKlin Digital Nusantara use video content to enhance engagement. The theoretical framework of this report includes Creative Content Theory, Content Planning, Content Creation, Social Media, and Engagement with the AIDA model. Data collection methods involved interviews, observations, and literature review. The findings indicate that social media content creation has successfully increased engagement rates, with Instagram reaching 7.64% and TikTok achieving 4.90% from February to July 2024. The discussion also covers the differences in content approaches between Instagram and TikTok, as well as the effectiveness of using current trends to capture audience attention. The conclusion of this report is that applying the AIDA model in video content creation significantly improves engagement metrics, demonstrating that the content created is effective for promoting KliknKlin to its target audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rizky Kertanegara, S.S., M.Si. ; 2. Naldo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Konten Video, Social Media, Video Content, AIDA, Engagement
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 14 May 2025 07:54
Last Modified: 14 May 2025 07:54
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item
View Item