PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI “AMBER AND ONE THOUSAND ROOMS” SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI TERHADAP KAMPANYE KESEHATAN MENTAL PADA USIA DEWASA MUDA (CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, 2D ANIMATING, COMPOSITING)

RAHMA ANDREANI, ANDREANI (2024) PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI “AMBER AND ONE THOUSAND ROOMS” SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI TERHADAP KAMPANYE KESEHATAN MENTAL PADA USIA DEWASA MUDA (CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, 2D ANIMATING, COMPOSITING). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI “AMBER AND ONE THOUSAND ROOMS” SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI TERHADAP KAMPANYE KESEHATAN MENTAL PADA USIA DEWASA MUDA (CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, 2D ANIMATING, COMPOSITING)] Text (PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI “AMBER AND ONE THOUSAND ROOMS” SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI TERHADAP KAMPANYE KESEHATAN MENTAL PADA USIA DEWASA MUDA (CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, 2D ANIMATING, COMPOSITING))
(CD) LAPORAN TA_ANDREANI RAHMA_20230019_PRODI ANIMASI-1-14.pdf

Download (1MB)

Abstract

The distribution of people with mental health disorders in Indonesia is around 1 in
5 people, in other words, 20% of the population in Indonesia has the potential for
mental health problems. Symptoms of mental health disorders are still very little
recognized by the public due to the lack of campaigns and socialization. Mental
health disorders that are not handled properly will cause sufferers to experience
ongoing mental health disorders and can end in suicide. The purpose of making this
film is as a campaign media to increase public awareness of the symptoms of
depression that are not realized and to provide motivation for people who
experience or suffer from depression, especially for Gen Z who are going through
the adulthood phase, through the media of a short animated film entitled "Amber
and One Thousand Rooms". In its making, the author acts as a script writer,
background artist, Clean up, and Colorist. The animation method used in making
this animation is the frame by frame method. The making of this short animated film
produces an animated film supported by posters, x-banners, and artbooks using a
digital art visual style with hand drawing techniques. The media is made according
to the concept of fantasy and surrealism, these two concepts are applied through
the storyline and environmental design that depicts people with mild depression.
Keywords: Animation, Campaign, Dysthymic Disorders.
Persebaran penderita gangguan kesehatan mental di Indonesia terjadi sekitar 1 dari
5 penduduk, dengan kata lain 20% dari populasi penduduk di Indonesia memiliki
potensi-potensi masalah gangguan kesehatan mental. Gejala gangguan kesehatan
mental masih sangat awam dikenali oleh masyarakat karena kurangnya kampanye
dan sosialisasi. Gangguan kesehatan mental yang tidak ditangani dengan tepat akan
menyebabkan penderitanya mengalami gangguan kesehatan mental berkelanjutan
dan dapat berakhir dengan melakukan bunuh diri. Tujuan dari pembuatan film ini
adalah sebagai media kampanye untuk meningkatkan awareness masyarakat
terhadap gejala depresi yang tidak disadari serta memberi motivasi bagi masyarakat
yang mengalami atau menderita gangguan depresi terlebih bagi para Gen Z yang
x
sedang mengalami fase beranjak dewasa, melalui media film animasi pendek
berjudul “Amber and One Thousand Rooms”. Pada pembuatannya, penulis
berperan sebagai script writer, background artist, Clean Up, dan Colorist. Metode
animasi yang digunakan dalam pembuatan animasi ini adalah metode frame by
frame. Pembuatan film animasi pendek ini menghasilkan film animasi yang
didukung dengan poster, x-banner, and artbook dengan menggunakan gaya visual
digital art dengan teknik hand drawing. Media dibuat sesuai dengan konsep yaitu
fantasi dan surealisme, kedua konsep ini diaplikasikan melalui alur cerita dan
design environment yang menggambarkan penderita gangguan depresi ringan.
Kata kunci: Animasi, Kampanye, Gangguan Distimik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nur Rahmansyah, S.Kom., M.Kom. Ilham Khalid Setiawan, S.Sn
Uncontrolled Keywords: Keywords: Animation, Campaign, Dysthymic Disorders Kata kunci: Animasi, Kampanye, Gangguan Distimik.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 20 May 2025 04:00
Last Modified: 20 May 2025 04:00
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item
View Item