Wijaya, Aditya Rangga (2024) EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan” [thumbnail of EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir_Aditya Rangga Wijaya_20230006-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (866kB)
Abstract
This research explores the design of the animated film entitled "Screw It!" which functions as a problem solving educational medium. The aim of making this animated film is to teach responsibility and problem solving to elementary school children, as well as enrich academic literature, especially in the development of animation and multimedia based learning media. The focus of this research is on 3D Layout and 3D Modeling methods, using Autodesk Maya and Blender software, to create a unique and interesting animation style in the animated video "Screw It!". The data collection technique used is a qualitative method through interviews with parents, animation practitioners and teaching staff. The results showed that the animated fil"Screw It!" effective as an educational medium for problem solving and responsibility for elementary school children.
Penelitian ini mengeksplorasi desain film animasi berjudul “Screw It!” yang berfungsi sebagai media edukasi problem solving. Tujuan pembuatan film animasi ini adalah untuk mengajarkan tanggung jawab dan pemecahan masalah kepada anak-anak sekolah dasar, sekaligus memperkaya literatur akademik, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran berbasis animasi dan multimedia. Fokus penelitian ini adalah pada metode 3D Layout dan 3D Modeling, menggunakan perangkat lunak Autodesk Maya dan Blender, untuk menciptakan gaya animasi yang unik dan menarik dalam video animasi "Screw It!". Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif melalui wawancara dengan orang tua murid, praktisi animasi, dan tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi "Screw It!" efektif sebagai media edukasi untuk pemecahan masalah dan tanggung jawab bagi anak-anak sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Maria Ulfah, S.Pd., M.M. ; 2. Moses Raissa Graceivan, M.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Animation, Problem Solving, 3D Layout, 3D Modeling,Animasi, Pemecahan Masalah, 3D Tata Letak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:14 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:14 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/945 |