HORIVERTIAN AGSYAH, DALIL (2024) PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D THE LEGACY DALAM PENGERJAAN SCRIPT WRITER, 3D MODELLER, RIGGING, ANIMATOR, LAYOUT ARTIST. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D THE LEGACY DALAM PENGERJAAN SCRIPT WRITER, 3D MODELLER, RIGGING, ANIMATOR, LAYOUT ARTIST [thumbnail of PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D THE LEGACY DALAM PENGERJAAN SCRIPT WRITER, 3D MODELLER, RIGGING, ANIMATOR, LAYOUT ARTIST]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN PROYEK AKHIR_DRAFT 13 (FINAL)-1-14 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (848kB)
Abstract
ABSTRACT
This Final Project produces a 3D animation film entitled “The Legacy” which tells
the story of Gandawara and Satria who try to protect the kingdom from an ancient
creature called Sanghara. In this process, the author applies the Alma Hawkins
method in its creation. The exploration stage involved gathering sources and
references, which led to the selection of fantasy themes and concepts inspired by
games and animations such as “Genshin Impact” and “Raya and The Last
Dragon”. During improvisation, important aspects of 3D modeling and rigging
were determined by incorporating elements of Indonesian culture. The composition
stage focused on asset export and camera placement using Autodesk Maya and
Unity. This Final Project highlights the process of scriptwriting, modeling, rigging,
animation, and layouting, highlighting the collaboration of creative techniques
used throughout the project. The final result of this project is an animation of
approximately 5 minutes 22 seconds that is able to convey the story well and
produce interesting animations. This project provides many lessons for the author
using good and correct animation theory.
Keywords: Fantasy, Budaya Indonesia, 3D Animasi
ABSTRAK
Tugas Akhir ini menghasilkan film animasi 3D berjudul "The Legacy" yang
menceritakan Gandawara dan Satria yang berusaha melindungi kerajaan dari
mahluk kuno yang bernama Sanghara. Dalam proses ini penulis menerapkan
metode Alma Hawkins dalam pembuatannya. Tahap eksplorasi melibatkan
pengumpulan sumber dan referensi, yang mengarah pada pemilihan tema dan
konsep fantasi yang terinspirasi dari game dan animasi seperti “Genshin Impact”
dan “Raya and The Last Dragon”. Selama improvisasi, aspek penting dari
pemodelan 3D dan rigging ditentukan dengan memasukkan unsur budaya Indonesia.
Tahap komposisi berfokus pada ekspor aset dan penempatan kamera menggunakan
Autodesk Maya dan Unity. Tugas Akhir ini menyoroti proses penulisan skrip,
pemodelan, rigging, animasi, dan layouting, menyoroti kolaborasi teknik kreatif
yang digunakan sepanjang proyek. Hasil akhir dari proyek ini adalah animasi
berdurasi sekitar 5 menit 22 detik yang mampu menyampaikan cerita dengan baik
dan menghasilkan animasi yang menarik. Proyek ini memberikan banyak pelajaran
untuk penulis menggunakan teori animasi yang baik dan benar.
Kata Kunci: Fantasi, Budaya Indonesia, 3D Animasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Suhaili, S.E., M.Kom., Dosen Pembimbing Penulisan Tugas Akhir Friansyah Gemawang, S.ST., Dosen Pembimbing Materi Tugas Akhir |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:13 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:13 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/982 |