SALSABILA RIZKADELIA, RIZKADELIA (2024) PERANCANGAN FILM ANIMASI PENDEK 2D “AMBER AND ONE THOUSAND ROOMS” SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI TERHADAP KAMPANYE KESEHATAN MENTAL PADA USIA DEWASA MUDA (SCRIPT WRITER, BACKGROUND ARTIST, CLEAN UP, COLORIST). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN FILM ANIMASI PENDEK 2D “AMBER AND ONE THOUSAND ROOMS” SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI TERHADAP KAMPANYE KESEHATAN MENTAL PADA USIA DEWASA MUDA (SCRIPT WRITER, BACKGROUND ARTIST, CLEAN UP, COLORIST) [thumbnail of PERANCANGAN FILM ANIMASI PENDEK 2D “AMBER AND ONE THOUSAND ROOMS” SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI TERHADAP KAMPANYE KESEHATAN MENTAL PADA USIA DEWASA MUDA (SCRIPT WRITER, BACKGROUND ARTIST, CLEAN UP, COLORIST)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20230125_Rizkadelia Salsabila_Laporan Tugas Akhir-1-12.pdf
Download (1MB)
Abstract
The distribution of people with mental health disorders in Indonesia is around 1 in
5 people, in other words, 20% of the population in Indonesia has the potential for
mental health problems. Symptoms of mental health disorders are still very little
recognized by the public due to the lack of campaigns and socialization. Mental
health disorders that are not handled properly will cause sufferers to experience
ongoing mental health disorders and can end in suicide. The purpose of making
this film is as a campaign media to increase public awareness of the symptoms of
depression that are not realized and to provide motivation for people who
experience or suffer from depression, especially for Gen Z who are going through
the adulthood phase, through the media of a short animated film entitled "Amber
and One Thousand Rooms". In its making, the author acts as a script writer,
background artist, Clean up, Colorist, and Editor. The animation method used in
making this animation is the frame by frame method. The making of this short
animated film produces an animated film supported by posters, x-banners, and
artbooks using a digital art visual style with hand drawing techniques. The media
is made according to the concept of fantasy and surrealism, these two concepts are
applied through the storyline and environmental design that depicts people with
mild depression.
Keywords: Animation, Campaign, Mental Health, Dysthymic Disorders.
Persebaran penderita gangguan kesehatan mental di Indonesia terjadi sekitar 1
dari 5 penduduk, dengan kata lain 20% dari populasi penduduk di Indonesia
memiliki potensi-potensi masalah gangguan kesehatan mental. Gejala gangguan
kesehatan mental masih sangat awam dikenali oleh masyarakat karena kurangnya
kampanye dan sosialisasi. Gangguan kesehatan mental yang tidak ditangani
dengan tepat akan menyebabkan penderitanya mengalami gangguan kesehatan
mental berkelanjutan dan dapat berakhir dengan melakukan bunuh diri. Tujuan
dari pembuatan film ini adalah sebagai media kampanye untuk meningkatkan
awareness masyarakat terhadap gejala depresi yang tidak disadari serta memberi
motivasi bagi masyarakat yang mengalami atau menderita gangguan depresi
terlebih bagi para Gen Z yang sedang mengalami fase beranjak dewasa, melalui
media film animasi pendek berjudul “Amber and One Thousand Rooms”. Pada
pembuatannya, penulis berperan sebagai script writer, background artist, Clean
Up, dan Colorist. Metode animasi yang digunakan dalam pembuatan animasi ini
adalah metode frame by frame. Pembuatan film animasi pendek ini menghasilkan
film animasi yang didukung dengan poster, x-banner, and artbook dengan
menggunakan gaya visual digital art dengan teknik hand drawing. Media dibuat
sesuai dengan konsep yaitu fantasi dan surealisme, kedua konsep ini diaplikasikan
melalui alur cerita dan design environment yang menggambarkan penderita
gangguan depresi ringan.
Kata kunci: Animasi, Kampanye, Kesehatan Mental, Gangguan Distimik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Dwi Mandasari Rahayu, S.P, MM., Ilham Khalid Setiawan, S.T., |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Animation, Campaign, Mental Health, Dysthymic Disorders. Kata kunci: Animasi, Kampanye, Kesehatan Mental, Gangguan Distimik. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:23 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:23 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/984 |