PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI 3D “LAST TOAST” SEBAGAI MEDIA GAMBARAN PENGARUH BEGADANG TERHADAP PENURUNAN DAYA INGAT REMAJA (3D Asset & Environment, Layout Artist)

PUTRI ASTRI GABRIELA ANGELIZA, ANGELIZA (2024) PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI 3D “LAST TOAST” SEBAGAI MEDIA GAMBARAN PENGARUH BEGADANG TERHADAP PENURUNAN DAYA INGAT REMAJA (3D Asset & Environment, Layout Artist). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI 3D “LAST TOAST” SEBAGAI MEDIA GAMBARAN PENGARUH BEGADANG TERHADAP PENURUNAN DAYA INGAT REMAJA (3D Asset & Environment, Layout Artist)] Text (PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI 3D “LAST TOAST” SEBAGAI MEDIA GAMBARAN PENGARUH BEGADANG TERHADAP PENURUNAN DAYA INGAT REMAJA (3D Asset & Environment, Layout Artist))
REV_FINAL_ANGELIZA PUTRI_LAPORAN PROYEK AKHIR 1-1-14.pdf

Download (3MB)

Abstract

This project aims to design and produce a 3D animated short film entitled "Last
Toast," which functions as an educational medium regarding the effect of staying
up late on memory loss in teenagers. By highlighting the characters Rico and Roti
in an entertaining and educational narrative, this film uses various software such
as Autodesk Maya 2020, Blender, Adobe Substance, Autodesk Mudbox, Adobe
Photoshop CC 2018, PureRef, and Da Vinci Resolve. This study uses a qualitative
method. It is hoped that this film can be an effective learning tool and convey a
message about the importance of getting enough sleep to maintain memory. It is
also hoped that the results of this work can make a positive contribution to the 3D
animation industry.
Keywords: Staying up late, memory loss, 3D animated films, qualitative
ABSTRAK
Proyek ini bertujuan untuk merancang dan memproduksi film pendek animasi 3D
berjudul "Last Toast," yang berfungsi sebagai media edukasi mengenai pengaruh
begadang terhadap penurunan daya ingat pada remaja. Dengan mengangkat
karakter Rico dan Roti dalam narasi yang menghibur dan mendidik, film ini
menggunakan berbagai perangkat lunak seperti Autodesk Maya 2020, Blender,
Adobe Substance, Autodesk Mudbox, Adobe Photoshop CC 2018, PureRef, dan
Da Vinci Resolve. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Diharapkan,
film ini dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dan menyampaikan pesan
tentang pentingnya tidur yang cukup untuk menjaga daya ingat. Hasil karya ini
juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi industri animasi 3D.
Kata Kunci: Begadang, Penurunan daya ingat, Film Animasi 3D, Kualitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dwi Mandasari Rahayu, S.P., MM., Ilham Khalid Setiawan, S.T,
Uncontrolled Keywords: Keywords: Staying up late, memory loss, 3D animated films, qualitative Kata Kunci: Begadang, Penurunan daya ingat, Film Animasi 3D, Kualitatif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 23 May 2025 03:49
Last Modified: 23 May 2025 03:49
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item
View Item