Wahyudi, Amara Fahnayya (2025) Eksplorasi Desain Karakter Animasi Pendek "Second Hand" Untuk Menciptakan Cerminan Kepribadian Karakter. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Eksplorasi Desain Karakter Animasi Pendek "Second Hand" Untuk Menciptakan Cerminan Kepribadian Karakter [thumbnail of Eksplorasi Desain Karakter Animasi Pendek "Second Hand" Untuk Menciptakan Cerminan Kepribadian Karakter]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PRELIMS_LAPORAN TA_AMARA FW_.pdf
Download (677kB)
Abstract
ABSTRACT
In a society with many differences, not everyone is able to accept those differences. On one hand, the unhealthy culture of consumerism still runs rampant in society, especially among teenagers. This inspired the writer to create the film “Second Hand”, which raises both of these themes through a simple narrative and without dialogue. This writing discusses character design that reflects personality and role within the story, making the storyline easier for the audience to understand. The writer uses a qualitative research method by collecting data through literature reviews, observations, interviews, and questionnaire distribution.
Character design is the visualization of a character’s traits, personality, attitude, and overall appearance. It can be a crucial stage, as it may be the first thing the audience notices. In conclusion, the character design is made to support the narrative flow and provide an illustration of each character’s role.
Keywords: Animation, Character design
ABSTRAK
Dalam masyarakat yang memiliki banyak perbedaan tidak semua orang mampu menerima perbedaan tersebut. Di satu sisi, budaya konsumerisme yang tidak sehat juga masih merajalela di masyarakat terutama pada remaja. Hal ini menginspirasi penulis membuat film “Second Hand” yang mengangkat kedua tema tersebut dengan narasi cerita yang sederhana dan tanpa dialog. Penulisan ini membahas desain karakter yang mencerminkan kepribadian serta perannya di dalam cerita agar memudahkan alur cerita dicerna penonton. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui tinjauan pustaka, observasi, wawancara serta penyebaran kuesioner. Desain karakter adalah visualisasi dari karakteristik, kepribadian, sikap dan keseluruhan penampilan karakter. Desain karakter bisa menjadi tahap yang krusial karena bisa menjadi hal pertama yang diperhatikan oleh penonton. Kesimpulannya desain karakter dibuat mampu mendukung alur dan memberikan gambaran tentang peran masing-masing karakter.
Kata kunci: Animasi, Desain karakter
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Moses Raissa Graceivan S.Ds., M.MT sebagai Dosen Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Desain karakter, Animation, Character design |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Amara Fahnayya Wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:20 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:20 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2123 |