Naufal Al-thof, Muhammad (2025) PEMANFAATAN SHORTS UNTUK MENINGKATKAN IMPRESSION PROGRAM MEME REVIEW INDONESIA YOUTUBE @ogsmedia_. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMANFAATAN SHORTS UNTUK MENINGKATKAN IMPRESSION PROGRAM MEME REVIEW INDONESIA YOUTUBE @ogsmedia_ [thumbnail of PEMANFAATAN SHORTS UNTUK MENINGKATKAN IMPRESSION PROGRAM MEME REVIEW INDONESIA YOUTUBE @ogsmedia_]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FINAL_Muhammad Naufal Al-thof_2270404071_Laporan Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Platform YouTube OGS Media melakukan transformasi konten strategis dari topik game yang tersegmentasi ke format kultur internet yang lebih luas melalui program "Meme Review Indonesia". Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan YouTube Shorts sebagai alat promosi untuk meningkatkan impression program tersebut. Penulis, dalam perannya sebagai Video Editor Intern, terlibat langsung dalam seluruh siklus produksi dari Mei hingga Juli 2025. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang didukung oleh analisis data performa dari YouTube Studio. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemanfaatan ulang konten (content repurposing), dengan mengubah klip video panjang menjadi Shorts, sangat efektif dalam menghasilkan impression. Selama periode analisis, YouTube Shorts menyumbang sekitar 98% dari total 2,6 juta impression platform, membuktikan perannya sebagai mesin utama dalam meningkatkan visibilitas, mengakuisisi audiens baru, dan mendorong pertumbuhan platform secara keseluruhan.
OGS Media's YouTube channel underwent a strategic content transformation from niche gaming topics to a broader internet culture format through the "Meme Review Indonesia" program. This final project aims to describe and analyze the use of YouTube Shorts as a promotional tool to increase the program's impression. The author, as a Video Editor Intern, was directly involved in the entire production cycle from May to July 2025. The data collection method used was observation, supported by YouTube Studio performance data analysis. The results show that the content repurposing strategy, by turning long-form video clips into Shorts, was highly effective in generating impressions. During the analysis period, YouTube Shorts contributed approximately 98% of the total 2.6 million impressions for the channel, proving its role as the primary engine for increasing visibility, acquiring new audiences, and driving overall channel growth.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. R. Sulistiyo Wibowo, S.Sn., M.Sn. sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Jefri Rahmadian, S.Kom., M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing II; |
Uncontrolled Keywords: | YouTube Shorts, Impression, Pemasaran Konten, Pemanfaatan Ulang Konten YouTube Shorts, Impression, Content Marketing, Content Repurposing |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Muhammad Naufal Al-thof |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:13 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 08:13 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3061 |