Darmawan, Harry (2025) PERANCANGAN MEKANIKA LEVEL DESIGN GAME “REKA” DENGAN IMPLEMENTASI GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN MEKANIKA LEVEL DESIGN GAME “REKA” DENGAN IMPLEMENTASI GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE [thumbnail of PERANCANGAN MEKANIKA LEVEL DESIGN GAME “REKA” DENGAN IMPLEMENTASI GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA_Harry Darmawan_21210024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (731kB)
Abstract
This research uses the Game Design Life Cycle (GDLC) method to design levels in the REKA game. GDLC provides a structured approach from the planning stage to implementation, which ensures a well-organized game development. The game offers a unique playing experience in each level, despite the similar level mechanics. The results showed that the application of GDLC was successful in creating an engaging game. This abstract provides practical guidance for game developers in utilizing GDLC to design levels with a focus on the integration of special elements. The implications of this research can be used as a reference in developing games with similar concepts, as well as creating innovative and immersive gaming experiences.
Keyword: Game Design Document, Game Developmet Life Cycle, & Game Designer
Penelitian ini menggunakan metode Game Design Life Cycle (GDLC) untuk merancang level dalam permainan REKA. Game Design Life Cycle (GDLC) memberikan pendekatan yang terstruktur dari tahap perencanaan hingga implementasi, yang memastikan pengembangan permainan yang terorganisir dengan baik. Permainan ini menawarkan pengalaman bermain yang unik di setiap level, meskipun dengan mekanika level yang serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Game Design Life Cycle (GDLC) berhasil dalam menciptakan permainan yang menarik. Abstrak ini memberikan panduan praktis bagi pengembang game dalam memanfaatkan Game Design Life Cycle (GDLC) untuk merancang level dengan fokus pada integrasi elemen-elemen khusus. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan permainan dengan konsep serupa, serta menciptakan pengalaman bermain yang inovatif dan mendalam.
Kata kunci: Dokumen Desain Gim, Siklus Hidup Pengembangan Gim, & Desain Gim
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dipl.-ing. Deddy Stevano H Tobing, M.Si (Han), sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Misbakul Munir, M.Pd.I, sebagai Dosen Pembimbing II; |
Uncontrolled Keywords: | Game Design Document, Game Developmet Life Cycle, Game Designer, Dokumen Desain Gim, Siklus Hidup Pengembangan Gim, Desain Gim |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Harry Darmawan |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:20 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 08:20 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3551 |