Adrianto, David (2025) PERANCANGAN FILM PENDEK ANIMASI 3D SEBAGAI MEDIA EDUKASI DAN PENCEGAHAN BAHAYA JUDI DALAM BENTUK GACHA “Lucky Me”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Laporan Tugas Akhir David Adrianto 21230036 (repository).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (5MB)
Abstract
Mekanisme gacha dalam permainan video telah menjadi isu signifikan yang menimbulkan adiksi dengan kerugian finansial dan psikologis yang besar, namun seringkali diremehkan karena terkesan sepele. Menanggapi fenomena ini, film pendek animasi 3D "Lucky Me" dirancang sebagai media edukasi dan pencegahan untuk meningkatkan kesadaran audiens remaja (usia 10-25 tahun) akan bahaya tersembunyi tersebut. Proyek ini menerapkan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) secara sistematis, dengan fokus utama pada pemanfaatan desain suara sebagai alat naratif primer yang didasarkan pada teori Audio-Vision dari Michel Chion. Proses produksi yang terstruktur ini memastikan integrasi yang efektif antara elemen visual, narasi, dan audio. Hasil pengujian beta menunjukkan keberhasilan film dalam menyampaikan pesan edukatif (skor rata-rata 4.55/5). Secara khusus, desain suara terbukti sangat efektif dalam memperkuat emosi dan ketegangan naratif (skor 4.72/5), memvalidasi perannya sebagai elemen penceritaan yang krusial. Penerapan MDLC juga memastikan integrasi audio-visual yang koheren dan profesional (skor 4.59/5), menghasilkan sebuah karya yang tidak hanya berkualitas secara teknis tetapi juga bertanggung jawab secara fungsional
The gacha mechanism in video games has become a significant issue, fostering addiction with substantial financial and psychological harm, yet it is often underestimated due to its trivial appearance. In response to this phenomenon, the 3D animated short film "Lucky Me" was designed as an educational and preventive medium to raise awareness of these hidden dangers among a youth audience (ages 10-25). This project systematically implemented the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) methodology, with a primary focus on leveraging sound design as a principal narrative tool grounded in Michel Chion's Audio-Vision theory. This structured production process ensured the effective integration of visual, narrative, and audio elements. Beta testing results demonstrated the film's success in delivering its educational message (average score of 4.55/5). Notably, sound design proved highly effective in amplifying emotion and narrative tension (score of 4.72/5), validating its role as a crucial storytelling element. The application of MDLC also ensured a coherent and professional audio-visual integration (score of 4.59/5), resulting in a work that is not only technically proficient but also functionally responsible.
